Hari Terakhir Paus Benediktus di Vatikan

Paus Benediktus XVI
Paus Benediktus XVI  muncul untuk terakhir kalinya dihadapan 150 ribu orang peziarah yang datang ke Lapangan St Petrus  pada Rabu (27/2/2013), sebelum mengundurkan diri.

Pada musim dingin audiensi dengan Paus biasanya dilakukan di dalam ruangan Vatikan. Tetapi karena peristiwa itu menyedot perhatian yang sangat besar, maka digelar di lapangan terbuka dan sekitar 50.000 tiket telah dipesan. Tetapi diperkirakan orang yang akan hadir mencapai 200.000 orang.

Penyelenggara mengatakan tidak akan ada ritual mencium tangan pemimpin umat Katolik itu, karena orang yang hadir dalam acara tersebut sangat banyak.

"Dia tidak ingin bersikap tidak adil terhadap satu umat  dengan yang lainnya," kata juru bicara Vatikan, Federico Lombardi kepada kantor berita AFP.

Paus yang berusia 85 tahun  tampil untuk dihadapan publik untuk terakhir kalinya Rabu (27/2/2013)   dengan menggunakan ciri khasnya "mobil paus" yang berwarna putih untuk menyapa umat yang berada di Lapangan St Petrus.

Wartawan BBC di Roma, Alan Johnston melaporkan Kamis (28/2/2013) Paus menuju kediaman musim panasnya di Kastil Gandolfo, yang berjarak 24 km dari Roma, dengan menggunakan helikopter.

Dalam keterangannya pada Selasa (26/2/2013) lalu, Vatikan menyebutkan Benedictus XVI  dikenal sebagai paus emeritus dan akan menghabiskan masa pensiunnya dengan berdoa dan meditasi.

Sebelumnya tak pernah ada Paus yang memutuskan pengunduran diri sejak Paus Gregory XII pada tahun 1415. Dengan mundurnnya Paus Benedictus, maka pemilihan untuk mencari penggantinya yang harus terpilih satu pekan sebelum minggu Suci, dan akan memimpin misa Paskah tahun 2013.

Dia juga akan dikenal dengan gelar Benedict XVI, dibandingkan dengan nama aslinya Joseph Ratzinger. Dia akan tetap menggunakan jubah putih paus tanpa hiasan mantel. Dia  menyerahkan cincin emasnya, yang dikenal sebagai cincin nelayan, dan segelnya dihancurkan dengan cara yang sama seperti seorang paus meninggal.

Proses pemilihan penggantinya akan dimulai pad 4 Maret 2013 oleh para kardinal dari berbagai negara yang akan menggelar konklaf. Pengganti paus akan dipilih oleh 115 kardinal yang berusia di bawah 80 tahun di Kapel Sistine Vatikan. Paus yang baru harus dipilih oleh dua pertiga suara mayoritas. (*)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes