Kejujuranmu yang Manis Billy...

Billy Ray Harris (giverforward.com)
Tidak ada pedang seperti kebenaran dan tidak ada pertolongan seperti kejujuran. Pepatah ini agaknya tepat diberikan untuk Billy Ray Harris. 

BILLY Harris, pengemis di Amerika Serikat mengembalikan sebuah cincin berlian milik seorang wanita di jalanan negara bagian Missouri. Akibat kejujurannya, dia mendapatkan balasan yang luar biasa besarnya dari orang-orang di seluruh dunia.

Seperti diberitakan CNN, Sabtu 23 Februari 2013, peristiwa ini terjadi saat Sarah Darling dari Kansas City melepaskan cincin berliannya karena iritasi. Cincin berlian itu kemudian dimasukkannya ke dalam dompetnya.

Saat itu Sarah bertemu pengemis Billy Ray Harris. Darling tidak menyadari saat memberikan uang koin kepada Harris, cincin berliannya yang berharga itu ikut jatuh ke dalam gelas kertas yang dipegang Harris.

Sarah Darling baru menyadarinya keesokan harinya. Dia panik luar biasa, membongkar seluruh isi tasnya. "Sangat buruk, nilainya jauh lebih bernilai ketimbang harganya," kata Sarah Darling.

Dia teringat Billy Harris dan kembali mencari lelaki tua itu di tempatnya kemarin bertemu. Harris sudah tidak ada di sana. Darling semakin panik. Keesokan harinya, dia kembali lagi dan menemukan Billy Harris duduk di tempat sebelumnya.

"Apakah Anda ingat saya, saya tidak sengaja memberikan sesuatu yang sangat berharga bagi saya," tanya Sarah

"'Apakah itu cincin?" jawab Billy Harris.

 "Ya"

"Saya memang sengaja menyimpannya dan berharap engkau kembali lagi," kata Billy.

Billy Harris bisa saja menjual cincin tersebut dan menggunakannya untuk makan atau membeli keperluannya sehari-hari. Namun, lelaki tunawisma ini tetap menyimpannya selama dua hari untuk dikembalikan pada pemiliknya.

Sumbangan Online

Tindakan Harris ini menyentuh Darling dan suaminya. Keduanya lantas menggagas bantuan online untuk Harris di situs giveforward.com. Cerita Darling ini membuat ribuan orang dari seluruh dunia ikut menyumbang.

"Di kehidupan ini, semua pasti ada balasannya. Billy, kebaikanmu yang manis, walaupun kau sendiri kesusahan, membuktikan masih ada kemanusiaan di dunia ini. Kau adalah contoh terbaik," kata seorang penyumbang Chris dan Mel dari Inggris yang memberikan US$20 atau setara Rp194.000.

"Saya dari Singapura dan saya bersyukur atas kejujuran Anda," tulis penyumbang lainnya dari Singapura, Wong Zen-na, yang memberikan 10 dolar AS (Rp 97.000).

Sumbangan ini akan terbuka selama 90 hari. Saat kisah  ini ditulis (23 Februari 2013), sudah delapan hari sumbangan dibuka, 4.753 orang yang menyumbang dengan total senilai 120.383 dolar AS setara Rp1,173 miliar.

Mendengar perihal sumbangan ini, Harris mengaku terkejut. Dia merasa tindakannya tidak luar biasa dan seharusnya memang dia lakukan.

"Saya kaget mendengarnya, saya menyukainya, tapi saya kira saya tidak pantas mendapatkannya. Apa yang saya rasakan adalah, 'seperti apa dunia ini jika seseorang mengembalikan sesuatu yang bukan miliknya dan ini yang terjadi?'," kata Harris. (*)

Sumber: VIVANews
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes