Masyarakat Matim Agar Terima Hasil Pilkada

BORONG, PK--Penjabat Bupati Manggarai Timur, Drs. Frans Borgias Padju Leok, mengajak masyarakat di Manggarai Timur untuk menerima hasil pemilihan langsung kepala daerah dan wakil kepala daerah (pilkada) di daerah itu dengan hati damai. Sebab, hasil pilkada di adalah kemenangan seluruh rakyat Manggara Timur. 

"Saya mengajak seluruh masyarakat untuk terima hasil pilkada dengan hati damai. Tidak ada pihak yang kalah, paket yang terpilih adalah pilihan rakyat seluruh Manggarai Timur. Kita perlu bersatu hati dalam semangat kebersamaan untuk bergendengan tangan membangun Manggarai Timur," kata Padju Leok, ketika dihubungi Pos Kupang melalui telepon selulernya, Minggu (4/1/2008).

Padju Leok mengatkana, dengan terpilihnya Drs. Yoseph Tote, M.Si dan Andreas Agas, S.H.M.Hum, bersama seluruh masyarakat akan terlibat aktif dalam mempercepat pembangunan di wilayah itu.Menurut dia, perbedaan pilihan politik sebelum pilkada adalah wajar dan rasional. Sebab, dinamika demokrasi bertumbuh secara sehat dan baik. Namun, kata Padju Leok, ketika hasil pilkada sudah ada perlu dilihat sebagai sebuah keberhasilan bersama. 

Sebab, lanjut Padju Leok, bupati dan wakil bupati terpilih bukan bekerja untuk orang-orang yang mendukungnya, tetapi bekerja untuk kemajuan dan kesejahteraan seluruh masyarakat Manggarai Timur. Karena itu, tegasnya, tidak ada pihak yang kalah atau menang, tetapi kemenangan seluruh rakyat Manggarai Timur.

Karena itu, Padju Leok berharap semua pihak menghargai putusan dan pilihan rakyat yang telah berhasil memilih pimpinan wilayah itu. "Masyarakat diharapkan menghargai seluruh proses sehingga rangkaian kegiatan bisa berjalan dengan baik," katanya.

Sebelumnya Ketua KPUD Manggarai Timur, Bento Papur, S.Fil mengatakan, sesuai agenda KPUD Manggarai Timur pleno rekapitulasi penghitungan suara dan penetapan calon terpilih akan dilaksanakan tanggal 5 dan 6 Januari 2009. Uji publik penetapan calon terpilih pada tanggal 7 sampai 9 Januari 2009.

Pengusulan calon terpilih kepada DPRD Manggarai Timur akan dilakukan tanggal 24 Januari 2009. Jika tidak ada halangan, kata Papur, maka sesuai jadwal KPUD pelantikan paket terpilih akan dilaksanakan tanggal 2 Februari 2009. 

Tidak Coblos
Partisipasi masyarakat pada pilkada putaran kedua di Kabupaten Kupang, Selasa (30/12/2008) masih kurang. Sekitar 27,75 persen pemilih tidak coblos dari total daftar pemilih tetap (DPT) 213.519 orang.

Dua pasangan calon bupasti dan wakil bupati Kupang masa bakti lima tahun ke depan yang mau pada putaran kedua, yakni pasangan calon Drs. Ayub Titu Eki,MS.Ph.D - Viktor Jermias Tiran, S.Sos.M.Si (paket Tutor) dan pasangan calon, Drs. Ruben Funay - Ir.Fritz Djubida (paket Berita).

Hal ini disampaikan oleh Juru Bicara KPUD Kabupaten Kupang, Ir.Imanuel Ballo, kepada Pos Kupang di Sekretarit KPUD Kabupaten Kupang, Minggu (4/1/2009) sore.
Menurut dia, masyarakat yang tidak menggunakan pada Pilkada putaran kedua ini cukup tinggi dibandingkan saat putaran pertama.

Ballo mengatakan, sesuai laporan PPK dari beberapa kecamatan, ada masyarakat yang datang ke TPS membawa kartu model C 6. Namun, lanjut Ballo, mereka tidak coblos dan tidak menyampaikan alasan kepada KPPS selaku penanggung jawab di TPS. Sesuai agenda dan surat undangan yang dikeluarkan oleh KPUD Kabupaten Kupang, kata Ballo, pleno KPUD dilaksanakan hari Senin (5/1/2009), setelah menerima semua hasil pleno PPK.

Pleno dipimpin oleh Ketua KPUD Kabupaten Kupang, Hans Ch.Luok, diikuti oleh semua anggota KPUD dan anggota PPK. Ikut hadir dua pasangan calon dan saksi masing-masing pasangan calon, Panwaslu dan Muspida. Sesuai agenda, lanjut Ballo, setelah pleno tanggal 5 Januari 2009, penetapan calon pemenang tanggal 6 Januari 2009. (lyn/mas)

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes