Pleno KPUD Kupang Diskors

KUPANG, PK-- Pleno hasil Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Kupang di Hotel Maya, Kupang, Senin (5/1/2009), diskors tanpa batas waktu. Alasannya, sampai dengan pukul 12.00 Wita, kemarin, hasil pleno dari enam PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan), yakni Sabu Timur, Sabu Liae, Hawu Mehara, Sabu Tengah, Sabu Barat serta Sabu Raijua belum diterima KPUD setempat.

Sama seperti Manggarai Timur, Pilkada Kabupaten Kupang juga dilakukan dua putaran setelah pada putaran pertama tidak ada paket calon yang meraih 30 persen suara untuk memenangkan pemilihan. Dalam pemilihan putaran kedua 30 Desember 2008 lalu, dua paket, yakni Drs. Ayub Titu Eki, MS, Ph.D-Viktor Jermias Tiran, S.Sos, M.Si (paket Tutor) dan pasangan Drs. Ruben Funay-Ir.Fritz Djubida (paket Berita) maju bertarung.

Menurut agenda KPUD Kabupaten Kupang, pleno penetapan dilangsungkan kemarin. Tetapi karena hasil pleno enam kecamatan belum masuk ke KPUD, maka pleno diskors tanpa batas waktu. Kemarin, KPUD baru merangkumkan hasil pleno 23 PPK yang sudah masuk. 

Seperti disaksikan Pos Kupang, dari meja pimpinan Ketua KPUD Kabupaten Kupang, Hans Ch. Louk menskors sementara pleno tersebut sekitar 15 menit untuk melakukan rapat tertutup bersama tiga orang anggota KPUD, yakni Ir. Imanuel Ballo, Octovianus DJP La'a serta Michael Nibani, Ketua Panwaslu Kabupaten Kupang, Ny. Nelce Ringgu, serta wakil dari kedua pasangan calon. Dalam pertemuan itu disepakati bahwa pleno diskors tanpa batas waktu karena alasan cuaca dan transportasi dari Pulau Sabu ke Kupang. 

Louk menegaskan, KPUD tetap berupaya agar pleno lanjutan dapat dilakukan dalam kesempatan pertama setelah hasil pleno PPK dari enam kecamatan di Sabu sudah masuk. Dia berjanji akan mengeluarkan undangan bagi kedua pasangan calon serta unsur-unsur terkait lainnya. 

Pleno yang dipimpin Louk kemarin antara lain dihadiri Ketua PPK dari 23 kecamatan yang ada. Turut hadir saksi dari kedua pasangan calon, kedua pasangan calon, yakni Drs. Ayub Titu Eki, MS, Ph.D-Viktor Jermias Tiran, S.Sos, MSi (paket Tutor) dan Drs.Ruben Funay-Ir. Fritz Djubida (paket Berita), Sekab Kupang, Barnabas B nDjurumana, Asisten I, Lasiko, Kapolres Kupang, Endang Syafrudin, dan Ketua Panwaslu Kabupaten Kupang, Ny. Nelce Ringgu.

Usai menutup pleno, kepada wartawan Louk mengatakan, KPUD tetap berupaya agar pleno lanjutan dapat dilakukan dalam kesempatan pertama. Dia yakin bahwa hasil perolehan suara sementara dari keenam kecamatan tersebut kecil kemungkinan berubah dari hasil sementara sebelumnya yang telah masuk ke KPUD Kabupaten Kupang. "Saya optimis bahwa hasil pleno PPK dari enam kecamatan tersebut tidak berbeda dengan hasil perolehan suara sementara yang diperoleh KPUD sebelumnya," ujar Louk.

Hasil pleno 23 PPK memperlihatkan pasangan calon Drs. Ayub Titu Eki, MS, Ph.D dan Viktor Jermias Tiran, S.Sos, M.Si unggul dengan perolehan suara sebanyak 72.014 (58,20 persen) dari pasangan calon. Drs. Ruben Funay- Ir. Fritz Djubida (paket Barita) yang mendapat dukungan sebanyak 51.730 (41,80 persen) dari suara sah sebanyak 123.744 dan suara tidak sah sebanyak 1.979. (mas) 

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes