Yoga Dipastikan Pimpin Manggarai Timur

BORONG, PK--Hasil penghitungan suara sementara hingga Sabtu (3/1/2009), pasangan Drs. Yoseph Tote, M.Si dan Andreas Agas, S.H, M.H (paket Yoga), meraih 58.504 suara, sedangkan pasangan Drs. Yoseph Biron Aur dan Ir. Gorgonis D Bajang (paket Abba) memperoleh 46.201 suara. Dengan perolehan suara tersebut, maka paket Yoga dipastikan akan pimpin Kabupaten Manggarai Timur lima tahun ke depan (periode 2008-2013).

Hasil penghitungan suara sementara Pilkada Manggarai Timur ini diperoleh Pos Kupang dari KPUD Manggarai dan hasil pleno PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan).
Perolehan suara sementara dua pasangan calon tersebut dihimpun dari 398 tempat pemungutan suara (TPS) dari total 437 TPS di enam kecamatan di Manggarai Timur.

Data lain yang diperoleh dari hasil pleno PPK di beberapa kecamatan, sebanyak 16.979 pemilih dipastikan tidak mencoblos dalam Pilkada Manggarai Timur, 30 Desember 2008 lalu. Mereka tidak mencoblos karena berbagai alasan, termasuk penetapan jadwal oleh KPUD Manggarai yang kurang cermat.

Di Kecamatan Poco Ranaka sebanyak 5.000 pemilih tidak coblos, di Kecamatan Elar 3.549 pemilih tidak coblos, di Kecamatan Sambi Rampas 3.630 pemilih tidak coblos, dan di Kecamatan Borong sebanyak 4.800 orang tidak coblos. Sementara di Kecamatan Kota Komba dan Lamba Leda belum mendapat informasi. Namun, jumlah yang tidak mencoblos diprediksikan mendekati 20 ribu orang.

Ketua PPK Kecamatan Poco Ranaka, Viktor Pidor dan Ketua PPK Kecamatan Elar, Gregorius Padu, A,Md, yang dihubungi Pos Kupang secara terpisah, Jumat (2/1/2009) dan Sabtu (3/1/2009) mengatakan, alasan pemilih tidak mencoblos karena sudah kerja di luar daerah, sedang libur sekolah, sibuk di kebun atau ladang, sengaja tidak memilih karena dua paket bukan jagoan mereka dan karena sakit. 

Pihak penyelenggara, kata Pidor dan Padu, tidak mencaritahu lebih lanjut karena mereka yang tidak hadir tidak memberitahu alasan. Sementara warga yang datang memberi hak pilihnya sesuai dengan pilihan politiknya. "Kami tidak bisa paksa karena mereka tidak hadir saat pencoblosan dengan berbagai alasan," kata Pidor. 

Tunggu Pleno KPUD
Hasil perolehan suara Pilkada Kabupaten Kupang putaran kedua antara pasangan calon Drs. Ayub Titu Eki, M.S, Ph.D - Viktor Jermias Tiran,S.Sos.M.Si (paket Tutor) dan pasangan calon, Drs.Ruben Funay - Ir.Fritz Djubida (paket Berita) menunggu hasil pleno KPUD Kabupaten Kupang, Senin (5/1/2009). KPUD Kabupaten Kupang tidak mengeluarkan lagi data hasil penghitungan suara karena PPK sudah melakukan pleno di masing-masing kecamatan, Sabtu (3/1/2009).

Hal itu dikatakan oleh Ketua KPUD Kabupaten Kupang, Hans Ch Louk, ketika dihubungi melalui ponselnya, Sabtu (3/1/2009). Ia menyatakan, hasil perolehan suara sementara yang dikeluarkan KPUD Kabupaten Kupang sampai Jumat (2/1/2009) pada 23 dari 29 kecamatan adalah data sementara terakhir yang dihimpun oleh KPUD. Sementara enam kecamatan lain langsung melakukan pleno di tingkat PPK sebelum menyerahkan hasilnya kepada KPUD Kabupaten Kupang.

Hasil penghitungan suara sementara dari KPUD Kabupaten Kupang, paket Tutor sebanyak 72.218 dan paket Berita memperoleh 58.753 suara dari total suara sah 130.971 suara.

Hasil penghitungan dari 23 kecamatan itu bersifat sementara dan belum diplenokan di tingkat PPK masing-masing kecamatan. Namun, lanjut Hans Louk, KPUD Kabupaten Kupang tidak lagi mengeluarkan data lanjutan karena pleno tingkat PPK sudah dimulai hari Sabtu (3/1/2009). "Hasilnya akan kami umumkan setelah pleno KPUD nanti," ujarnya.

Hans Louk mengatakan, hasil pleno PPK akan diserahkan kepada KPUD Kabupaten Kupang sebelum diplenokan, Senin (5/1/2009). Saat ini KPUD Kabupaten Kupang sedang mempersiapkan semua berkas yang berkaitan dengan pleno nanti. (lyn/mas)

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes