Titu Eki Bupati Kupang Terpilih

KUPANG, PK-- Drs. Ayub Titu Eki, MS, Ph.D terpilih menjadi Bupati Kupang periode 2008-2013. Titu Eki yang berpasangan dengan Viktor Jermias Tiran, S.Sos, M.Si sebagai wakil bupati memenangkan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Kupang. Kemenangan duet ini ditetapkan dalam rapat pleno KPUD Kabupaten Kupang, Sabtu (10/1/2009).

Duet yang tenar dengan sebutan paket Tutor ini mengungguli pesaing mereka, Drs. Ruben Funay dan Ir. Fritz Djubida (paket Berita). Tutor meraup perolehan suara 87.020, sedangkan paket Berita meraih suara 69.092. Merujuk pada suara sah sebanyak 156.112 dan suara tidak sah 2.430, maka selisi antara kedua paket ini mencapai 17.928 suara. 

Seperti diketahui, Pilkada Kabupaten Kupang diselenggarakan dua putaran setelah putaran pada pertama tidak ada pasangan calon yang meraih 30 persen suara untuk memenangkan pertarungan. Pilkada putaran kedua diselenggarakan 30 Desember 2008 lalu dengan menyisakan paket Tutor dan Berita sebagai pemenang pertama dan kedua untuk maju bertarung.

Disaksikan Pos Kupang, Sabtu (10/1/2009), usai pleno tingkat KPUD Kabupaten Kupang, para pendukung Tutor histeris dan menyambut kemenangan dengan menggendong Titu Eki dan Jermias Tiran. Keduanya bahkan digendong dari lantai tiga Hotel Maya menuju mobil sebelum meninggalkan hotel tersebut.

Hasil perolehan suara ini diumumkan setelah KPUD Kabupaten Kupang melanjutkan pleno kedua, di Hotel Maya, Kupang, kemarin, untuk enam PPK, yakni PPK Sabu Timur, Sabu Barat, Sabu Tengah, Sabu Liae, Hawu Mehara serta Sabu Raijua. Pleno lanjutan ini sebelumnya diskors tanpa batas waktu oleh KPUD pada tanggal 5 Januari 2009. Saat itu KPUD hanya menggelar pleno untuk 23 PPK yang memasukkan hasil plenonya.

Pleno kedua KPUD lanjutan ini dipimpin oleh Ketua KPUD Kupang, Hans Ch. Louk, dan dihadiri empat anggotanya, masing- masing Ir. Imanuel Ballo, Octovianus Dj.P La'a, Mikhael Nitbani, S.H dan Yudi HR Tagi Huma, S.Sos, serta para saksi dari masing- masing pasangan calon. Turut hadir Drs. Ayub Titu Eki dan Viktor Jermias Tiran (paket Tutor), sedangkan paket Berita dihadiri Ir. Fritz Djubida serta Ketua Panwaslu Kabupaten Kupang, Ny. Nelce Ringgu, dan juga para simpatisan kedua pasangan calon. 

Usai pleno, dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara oleh semua anggota KPUD dan dua saksi dari masing-masing paket.
Hans Ch. Louk mengatakan, setelah pleno penghitungan suara, masih ada dua tahapan penting yang harus dilalui, yakni penetapan calon terpilih yang rencananya akan berlangsung, Selasa (13/1/2009), dan pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih pada tanggal 25 Maret mendatang.

Fritz Djubida mengatakan bahwa masyarakat Kabupaten Kupang perlu mengucapkan syukur atas terpilihnya paket Tutor dalam pilkada putaran kedua. "Masyarakat dengan sadar memberikan hak mereka dan apa pun hasilnya itu yang terbaik. Kami mengucapkan selamat kepada paket Tutor yang memenangkan pilkada ini dan semoga dapat mensejahterakan masyarakat Kabupaten Kupang," kata mantan Bupati Kupang ini.

Sementara itu bupati terpilih, Drs. Ayub Titu Eki, dalam kesempatan yang sama mengatakan, kemenangan paket Tutor adalah kemenangan rakyat Kabupaten Kupang, tidak ada yang kalah dan menang. Karena itu tidak ada alasan untuk saling bertentangan antara pendukung yang satu dengan yang lain. "Kita terpanggil bukan sebagai bos, tapi sebagai pelayan untuk masyarakat," katanya. 

Senada dengan Titu Eki, Viktor Jermias Tiran, wakil bupati terpilih, mengatakan, kemenangan Tutor adalah kemenangan rakyat Kabupaten Kupang. Karena itu tidak ada yang mengklaim bahwa kemenangan Tutor adalah kemenangan individu atau golongan tertentu. (mas)

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes