PLTU Ropa Tetap Dilanjutkan

ENDE, PK -- Meski proyek pembangunan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) di Ropa sedang diselidiki aparat Kejaksaan Negeri (Kejari) Ende, namun proyek itu tetap dilanjutkan sesuai tenggat waktu yang telah direncanakan.

Demikian penegasan Manajer PT PLN Cabang Flores Bagian Barat, Marjon Sinaga saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (1/6/2009).

Sesuai rencana, katanya, PLTU Ropa akan diuji pada bulan Oktober 2009. Saat ini realisasi fisik pembangunan PLTU Ropa telah mencapai 60 persen dan diperkirakan resmi beroperasi tahun 2010. 

PLTU Ropa, jelasnya, berkekuatan 14 MW, mampu melayani kebutuhan listrik di masyarakat Kabupaten Ende dan Sikka dengan menggunakan sistem interkoneksi. 

Saat ini pihaknya sedang menjajaki pembebasan lahan warga untuk dijadikan lokasi pembangunan tapak tower yang akan digunakan untuk membangun jaringan sistem interkoneksi dari PLTU Ropa menuju Ende dan Sikka.
PLTU Ropa terletak di Desa Keliwumbu Kecamatan Maurole Kabupaten Ende menggunakan tenaga batu bara yang akan dipasok dari Kalimantan.

Terkait proses hukum yang sedang dilaksanakan kejaksaan, dia mengatakan bahwa proses hukum silahkan berjalan namun kelanjutan proyek pembangunan PLTU pun tetap dilaksanakan, 
"Tidak masalah, meskipun kasus PLTU Ropa tengah memasuki ranah hukum, tapi proses pekerjaan terus jalan seperti biasa dan akan selesai sesuai dengan tenggang waktu yang telah direncanakan," tegas Marjon.

Dia mengatakan bahwa dirinya dan sejumlah karyawan PT PLN Cabang Flores Bagian Barat sudah dipanggil untuk dimintai keterangan oleh jaksa di Kejari Ende.
"Kami ikuti saja proses hukum yang sedang dilakukan oleh jaksa," katanya. (rom)

Pos Kupang 2 Juni 2009 halaman 1 
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes