Begonia Kelimutuensis

SATU tumbuhan spesies baru telah ditemukan di kawasan Taman Nasional Kelimutu, di Kabupaten Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur. Spesies baru itu diberi nama Begonia kelimutuensis.

Tumbuhan sejenis perdu itu yang dengan bahasa setempat disebut dengan Uta Onga merupakan satu-satunya tanaman di dunia yang cuma terdapat di kawasan TN Kelimutu. Itu sebabnya oleh ahli yang menemukan langsung diberi nama Begonia kelimutuensis, sebab setelah diteliti tumbuhan jenis ini tak ditemukan di tempat lain di dunia, kata Kepala Balai Taman Nasional (BTN) Kelimutu Gatot Soebiantoro, Sabtu (21/6/2008) di Ende.

Begonia kelimutuensis ditemukan dalam rangkaian kegiatan studi komunitas flora dan fauna di TN Kelimutu yang dilakukan oleh tim dari Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pada 17 Juli 5 Agustus 2007 lalu. Kegiatan itu diperkirakan akan berakhir tahun 2009. Studi komunitas flora dan fauna itu direncanakan berlangsung selama tiga tahap.

Adapun tim dari Puslit LIPI itu terdiri dari lima orang, yaitu Albert Husein Wawo (Biologi Konservasi), Harry Wiriadinata (taksonomis tumbuhan), Sudaryanti (taksonomis burung), Achmad Saim (taksonomis mamalia), dan Wardi (asisten peneliti taksonomi tumbuhan).*

http://www.kompas.com/read/xml/2008/06/21/18100654/begonia.kelimutuensis.spesies.tumbuhan.baru.dari.kelimutu

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes