Pisang Beranga

BUDI daya pisang beranga Kelimutu di Kabupaten Ende, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur yang telah dilakukan di kawasan percontohan di dua desa pada tahun 2007 akan diperluas lagi di 29 desa pesisir yang tersebar di sembilan kecamatan.

Di pertengahan tahun 2007 itu telah dilakukan budi daya di dua tempat - masing-masing di lahan seluas 10 hektar (ha), yaitu Desa Wolokota, Kecamatan Ndona dan Desa Ndito, Kecamatan Detusoko.

Dari daerah percontoha n itu tahun ini sudah berpr oduksi, dan hasilnya baik. Selanjutnya lah an budi daya pisang beranga akan diperluas lagi di 29 desa pesisir. Sebab kondisi di desa pesisir memiliki potensi, salah satunya banyak terdapat lahan tegalan, kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Subdin Produksi Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Ende Fransiskus Xaverius Ndoki, Selasa (3/6/2008), di Ende.

Kesembilan kecamatan untuk perluasan lahan budi daya dimaksud adalah Ndona, Ndori, Lio Timur, Kotabaru, Wewaria, Maurole, Maukar o, Nangapanda, dan Ende. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Ende tahun 2002, produksi pisang mencapai 59.792 ton, termasuk di dalamnya pisang beranga.

Pisang Beranga Kelimutu asal Ende merupakan varietas unggulan nasional, dan d i wilayah NTT pisang jenis ini diminati masyarakat setempat, karena buahnya memiliki keunggulan spesifik antara lain rasa manis yang khas tidak asam, dan aromanya wangi ketika dimakan.

Menurut Xaverius, hasil budi daya di Desa Wolokota yang meru pakan daerah dataran rendah, satu tandan rata-rata memiliki 7-13 sisir. Tiap sisirnya terdiri antara 9-17 buah. Sementara di Ndito yang merupakan daerah dataran sedang, jumlah buah untuk tiap sisir relatif lebih sedikit, yakni 7-13 buah.

"Produksi pisang beranga Kelimutu masih sangat terbatas, sehingga belum mampu untuk diekspor. Fokus budi daya lebih diarahkan untuk mendukung agrowisata, " ujar Xaverius. (SEM)

Link http://www.kompas.com/read/xml/2008/06/03/22020718/lahan.budi.daya.pisang.beranga.kelimutu.di.ende.diperluas
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes