Gaul Tata Birokrasi

RUTENG, PK -- Calon Gubernur dan Wakil Gubernur NTT, Gaspar P Ehok dan Julius Bobo (Paket Gaul) berjanji akan menata birokrasi di tingkat propinsi dan juga di daerah-daerah, jika terpilih memimpin NTT lima tahun ke depan. Penataan birokrasi perlu dilakukan karena terkait erat dengan kebijakan publik yang diambil.

Gaspar Ehok mengatakan hal ini ketika tampil dalam kampanye di lapangan Motang Rua, Ruteng, Kabupaten Manggarai, Selasa (27/5/2008). Kampanye perdana Paket Gaul itu dihadiri warga Manggarai memadati lapangan bola kaki. Gaspar tampil bersama Julius Bobo dan sejumlah tim suksesnya. Kampanye yang berlangsung sejak pukul 09.30 Wita-pukul 12.00 Wita disemarakkan oleh penampilan artis Margareta dan sejumlah artis asal Bima, Propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Menurut Gaspar, penataan birokrasi sangat erat kaitannya dengan semua komponen pembangunan dan kebijakan publik yang pada akhirnya berdampak pula pada pelayanan publik. Karena itu dibutuhkan pemerintah yang mampu menata birokrat ke depan secara baik.

Sementara itu Julius Bobo mengatakan, birokrat memiliki peran sangat penting dalam menjalankan roda pemerintahan dan pelayanan publik. "Ke depan, birokrat kita tempatkan ke semua sektor yang ada, terutama sektor unggulan, namun sebelumnya kita harus berani dan mampu menata birokrasi itu demi menjalankan kebijakan publik," kata Julius.

Penempatan birokrat ke semua sektor itu, lanjutnya, difokuskan pada sektor-sektor andalan di daerah. Dia mencontohkan, di bidang pertanian atau perikanan, belum ada birokrat-birokrat dari NTT yang duduk di departemen yakni pejabat eselon I. Padahal potensi pertanian maupun perikanan dan kelautan di NTT sangat besar dan cukup bila dikelola secara optimal.

"Caranya bagaimana untuk mencapai hal itu, ya, kita menghadap ke presiden untuk mengkomunikasikan kondisi ini sehingga dari NTT ada juga orang yang duduk di departemen. Bisa bayangkan kita tidak punya pejabat eselon I di Jakarta. Kegunaannya tentu banyak dan berdampak pada pelayanan masyarakat," katanya.

Dikatakan, jika birokrat tidak ditata sedemikian rupa maka akan bermunculan berbagai masalah yang berkaitan dengan pelayanan publik.
Paket Gaul yang tiba dari Kupang di Bandara Frans Sales Lega Ruteng, sekitar puykul 07.20 Wita, dijemput massa pendukung dan simpatisan menuju ke kediaman Gaspar P Ehok di Leda, kemudian diarak menuju ke Lapangan Motang Rua. (yel)

Pos Kupang edisi Rabu, 28 Mei 2008 halaman 8
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes