9 Desember, Pilkada Belu Putaran Kedua

ATAMBUA, PK--Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Belu akan menjadwalkan pilkada Kabupaten Belu putaran kedua tanggal 9 Desember 2008. Meski begitu, kepastiannya baru bisa ditentukan setelah KPUD rapat yang direncanakan dalam waktu dekat ini.

"Untuk pilkada putaran kedua kami rencanakan tanggal 9 Desember 2008. Jadwal ini belum pasti karena kami masih rapat lagi. Kami rencanakan tanggal 9 Desember 2008 ini dengan pertimbangan persiapan kertas suara. Bisa saja tanggalnya berubah, ini belum final," kata Ketua KPUD Belu, A Martin Bara Lay, S.H, kepada Pos Kupang di Atambua, Sabtu (1/11/2008). Ia ditanyai tentang persiapan pelaksanaan Pilkada Belu putaran kedua.

Menyangkut dana pendukung pilkada putaran kedua, menurut Bara Lay, tidak ada masalah karena alokasi dana APBD Kabupaten Belu senilai Rp 18 miliar beberapa waktu lalu sudah mengakomodir pelaksanaan pilkada putaran kedua. "Dana tidak ada masalah. Kami sudah antisipasi sejak awal sehingga saat terjadi putaran kedua kami tidak perlu lagi mengusulkan ke DPRD untuk mengalokasikan dana," katanya.

Bara Lay menjelaskan, KPUD Belu baru mengumumkan dan menetapkan dua dari empat paket, yakni paket Jalin (Drs. Joachim Lopez-Ludovikus Taolin, B.A), dan paket Gemar (drg. Gregorius Mau Bili-Drs. Berchmans Mau Bria) untuk mengikuti pilkada putaran kedua.

Langkah berikutnya, kata Bara Lay, mempersiapkan segala sesuatunya seperti pencetakan surat suara yang harus melalui proses tender kembali. Untuk itu, lanjutnya, KPUD Belu mempersiapkannya selama satu bulan setelah pleno KPUD.

Diberitakan sebelumnya, sesuai hasil pleno KPUD Belu, Rabu (29/10/2008), dua dari empat paket calon bupati dan wakil bupati Belu, yakni Drs. Joachim Lopez-Ludovikus Taolin, BA (paket Jalin) dan drg. Gregorius Mau Bili-Drs. Berchmans Mau Bria (paket Gemar) dipastikan maju ke putaran kedua yang dijadwalkan berlangsung akhir November atau awal Desember 2008.
Pada pleno di tingkat KPUD Belu, empat paket calon tidak ada yang mengumpulkan suara sah 30 persen dari total suara sah sebanyak 166.277. Adapun urutan pengumpulan suara sah para paket yakni, paket Jalin mengumpulkan suara 48.319 atau 29,17 persen, paket Gemar mengumpulkan suara 44.473 atau 26,74 persen, paket Brita mengumpulkan suara 40.993 atau 24,65 persen dan paket Sera mengumpulkan suara 32.292 atau 19,42 persen.

Belum Bersikap
Pasangan Drs. JT Ose Luan - drg. Valentinus Parera (paket Sera) dan Paket Drs. Petrus Bria Seran-Dr. Damianus Talok (paket Brita) menerima dengan lapang dada hasil pleno pilkada oleh KPU Belu. Paket Brita dan Sera belum menentukan sikap untuk mendukung paket mana yang maju ke putaran kedua.

Calon Bupati Belu, Petrus Bria Seran, kepada Pos Kupang di Atambua, Jumat (31/10/2008) menyatakan, paket Brita menerima seluruh hasil pilkada itu dengan lapang dada.
Untuk itu, kata Bria Seran, paket Brita dan paket Sera telah bertemu membahas langkah berikutnya terkait pelaksanaan pilkada Belu putaran kedua itu. Dari pembicaraan bersama sudah diputuskan bahwa paket Brita dan paket Sera sudah bersatu, namun belum menentukan sikap ke mana mengarahkan massa untuk mendukung kedua paket yang maju ke putaran kedua nanti.
Secara terpisah calon bupati dari paket Gemar, Gregorius Mau Bili, mengatakan, paket Gemar sudah siap maju ke putaran kedua. Upaya yang akan dilakukan sekarang adalah perkuat program yang sudah disampaikan pada kampanye putaran pertama.

Calon wakil bupati dari paket Jalin, Ludovikus Taolin, mengatakan, pihaknya akan melakukan sosialisasi lagi kepada masyarakat untuk menentukan pilihannya pada putaran kedua nanti. (yon
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes