Banunaek dan Lobo Diancam 10 Tahun Penjara

SOE, PK -- Penyidik Reskrim Polres TTS menjerat mantan Bupati dan Wakil Bupati TTS, Daniel A Banunaek dan Pieter R Lobo dengan pasal yang ancaman hukumannya maksimal 10 tahun penjara. Selain itu, Banunaek-Lobo juga diancam dengan denda maksimal Rp 5 miliar.

"Kami menjerat keduanya dengan pasal 78 ayat 5 junto pasal 50 ayat 3 huruf e dan f pada Undang-Undang No 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan. Dalam pasal itu disebutkan, setiap orang dilarang menebang pohon atau memanen atau memungut hasil hutan di dalam hutan tanpa memiliki hak atau izin dari pejabat yang berwenang," kata Kapolres TTS, AKBP Suprianto yang dikonfirmasi melalui Kasat Reskrim, AKP Sandy Sinurat di SoE, Senin (9/2/2009) siang. 

Sinurat menerangkan, berkas tersangka Banunaek dan Lobo akan dibuat secara terpisah. Dengan demikian terdapat tiga berkas dalam kasus ini. Ketiga berkas itu, yakni atas nama tersangka mantan Kadishut TTS, Jhon Mella, mantan Bupati TTS, Daniel A Banunaek dan mantan Wakil Bupati TTS, Pieter R Lobo. 

Soal pelimpahan berkas ketiganya, Sinurat mengatakan, polisi akan melimpahkan berkas ketiga tersangka itu ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari SoE dalam waktu secepatnya. Khusus untuk pelimpahan berkas mantan Kadishut TTS, Jhon Mella sudah ketiga kalinya. Sedangkan berkas Banunaek dan Lobo baru pertama kalinya. 

Menurut Sinurat, pelimpahan berkas ketiga tersangka dilakukan lantaran seluruh petunjuk dari jaksa sudah dipenuhi polisi. Untuk itu ia mengharapkan saat berkas dilimpahkan tidak ada lagi petunjuk baru dari Kejari SoE. 

Diberitakan sebelumnya, penyidik Reskrim Polres TTS memeriksa mantan Bupati TTS, Drs. Daniel A Banunaek, MA dan mantan Wakil Bupati TTS, Drs. Pieter R Lobo, M.Si, sebagai tersangka selama 5,5 jam di Mapolres TTS, Rabu (4/2/2009). Kedua mantan pejabat teras TTS ini diperiksa dari pukul 11.00 hingga pukul 16.30 Wita terkait kasus penebangan 211 kayu jati di kawasan Hutan Fatuanas, Desa Lilo, Kecamatan Amanatun Utara, Kabupaten TTS. (aly)

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes