Baru 7 Parpol Serahkan Rekening Dana Kampanye

KUPANG, PK -- Tujuh dari 38 partai politik (parpol) peserta pemilu 2009 yang memiliki pengurus di tingkat Propinsi NTT telah memasukkan rekening dana kampanye ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Propinsi NTT. 

Juru bicara KPU Propinsi NTT, Drs. Djidon de Haan, M.Si saat dihubungi, Kamis (12/2/2009), menjelaskan, tujuh parpol dimaksud adalah Partai Damai Sejahtera (PDS), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Barisan Nasional (Barnas), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Peduli Rakyat Nasional (PPRN), Partai Persatuan Nahdatul Ummah Indonesia (PPNUI) dan Partai Persatuan Daerah (PPD). Berarti, masih ada 31 parpol yang belum menyerahkan rekening.

"Sedangkan DPD baru delapan calon yang menyerahkan rekening dana kampanye," kata Djidon de Haan tanpa merinci nama-nama kedelapan orang dimaksud. 

Djidon menjelaskan, undang-undang mewajibkan parpol dan calon anggota Dewan Perwakilan Daerah peserta pemilu melapor dana kampanye. Batas waktu terakhir pada tanggal 9 Maret 2009.

"Kalau hingga batas waktu parpol dan calon anggota DPD tidak menyerahkan rekening, maka akan didiskualifikasi. Mereka digugurkan," katanya. "Jadi, mari laksanakan perintah aturan sebaik-baiknya," ujar Djidon.

Djidon mengatakan, parpol dan calon DPD masih punya waktu untuk menyerahkan rekening. Oleh karena itu, dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Dari Jakarta dilaporkan, anggota KPU, Abdul Aziz mengingatkan, partai politik yang tidak menyerahkan rekening dana kampanye ke KPU hingga seminggu menjelang kampanye bisa menggagalkan kadernya untuk menjadi anggota legislatif. Begitu juga dengan calon anggota dewan perwakilan daerah (DPD). Jika tidak menyerahkan rekening, juga bisa batal melenggang ke senayan. 

Menurut Aziz, hingga saat ini ada 32 partai politik peserta pemilu yang sudah menyerahkan rekening dana partainya. Sehingga, masih ada 6 partai politik yang belum menyerahkan rekening dana partai khususnya yang akan digunakan untuk kampanye nanti. 

Sayangnya, Aziz enggan menjelaskan enam partai yang belum menyerahkan rekening tersebut. Menurutnya, dari enam partai tersebut sebagain besar adalah partai baru yang akan mengikupi pesta demokrasi perdana. Tapi juga ada partai besar yang sudah pernah ikut pemilu, tapi hingga kini belum menyerahkan. 

"Ya pokoknya ada kok. Selain partai baru juga partai besar yang belum menyerahkan rekening. Kalau datanya saya masih lupa, tapi yang jelas ada," kilahnya. 

Selain enam partai tersebut, menurut Aziz, yang paling banyak belum menyerahkan rekening adalah para calon anggota DPD dari berbagai provinsi. Dari 1.092 calon yang akan meramaikan pemilu tersebut, hanya 70 orang yang sudah menyerahkan rekening. Meski begitu, pihaknya terus memberikan peringatan kepada partai yang bersangkutan agar segera menyerahkan rekening. Begitu juga dengan para calon DPD, yang disampaikan melalui KPU masing-masing daerah agar segera menyerahkan rekening tersebut. (aca/persda network/coi)

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes