TPS Pemilu Legislatif di Rote 366

BA'A, PK -- Tempat Pemungutan Suara (TPS) pemilu legislatif di Kabupaten Rote Ndao sebanyak 366 buah. Jumlah ini lebih banyak jika dibandingkan dengan TPS pemilu Pilkada Rote Ndao yang hanya 250 buah.

Meningkatnya jumlah TPS karena Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan satu TPS untuk pemilihan legislatif (pileg) hanya 300 pemilih, sedangkan pada pilkada lalu satu TPS melayani 600 pemilih.

Ketua KPUD Rote Ndao, Berkat N.M.F.Ngulu, SH yang ditemui di ruang kerjanya, Rabu (4/2/2009) mengatakan, penurunan angka pemilih pada masing-masing TPS karena untuk pemilu legislatif aktivitas masing-masing pemilih di TPS lebih tinggi karena setiap pemilih mencontrong empat surat suara yakni surat suara untuk Dewan Pimpinan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten, DPRD propinsi, DPR RI dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD).

"Penurunan jumlah pemilih pada pileg dimasing-masing TPS saat ini karena aktivitas pemilih lebih lama saat menconteng SS ketimbang pada pilkada. Pada pileg setiap pemilih mencontreng empat surat suara sedangkan pada pilkada hanya satu kali mencoblos di satu surat suara. Apalagi ukuran SS untuk pileg cukup besar yakni lebar 54 cm x panjang 84 cm," kata Ngulu yang saat itu didampingi anggota KPUD, Ir. Iwan Sodakh dan Sekretaris KPUD, Chris Dae Panie.

Mengenai sosialisasi pencontrengan kepada para pemilih untuk menekan kesalahan saat pemilihan, Ngulu mengakui, KPUD setelah menetapkan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada 3 Februari 2009 maka selanjutnya pada 12 Februari KPUD akan melakukan sosialisasi kepada semua elemen di antaranya tokoh masyarakat, tokoh agama, tokok adat, pemerintah, para pemilih pemula dan pihak-pihak lain.

Sementara sosialisasi kepada masyarakat khususnya para pemilih di desa, kelurahan akan diserahkan kepada PPK dan Panitia Pemungutan Suara (PPS). "PPK saat ini sedang melakukan proses pembentukan PPS. Setelah mereka membentuk PPS maka selanjutnya mereka melakukan sosialisasi dan sosialisasi itu akan terus dilakukan hingga H-1 pada pencoblosan tanggal 9 April 2009 mendatang," kata Ngulu.
(iva)

Pos Kupang 6 Februari 2009 halaman 8
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes