12.978 Caleg di NTT Rebut 677 Kursi

KUPANG, PK -- Sebanyak 12.978 calong anggota legislatif (caleg) memperebutkan 677 kursi DPR dan DPD RI, DPRD NTT dan DPRD kabupaten/kota di NTT, dalam pemungutan suara hari ini, Kamis (9/4/2009).

Pemungutan suara berlangsung di 12.488 TPS (tempat pemungutan suara) yang tersebar di 18 kabupaten/kota, minus Flores Timur dan Lembata yang pemungutan suaranya diundur sampai tanggal 14 April 2009.

Anggota KPUD NTT, Drs. Gasim M Noor mengatakan, caleg yang bisa duduk di kursi Dewan tergantung siapa dari 38 partai politik peserta pemilu yang meraih suara terbanyak dan partainya lolos mengantongi 2,5 persen perolehan suara sah untuk DPR RI. 

Untuk DPR RI masa tugas 2009-2014 tersedia hanya 13 kursi untuk wakil dari NTT. Ke-13 kursi ini diperebutkan oleh 307 caleg. Untuk kursi DPD RI tersedia empat kursi untuk NTT dan diperebutkan oleh 40 caleg. Sedangkan kursi DPRD NTT yang hanya 55 diperebutkan oleh 1.082 caleg. Dan 605 kursi di 18 DPRD kabupaten/kota di NTT diperebutkan oleh 11.549 caleg.

Gubernur NTT, Drs. Frans Lebu Raya meminta seluruh masyarakat untuk ikut mengawasi jalannya pemungutan suara dan penghitungan suara untuk menghindari terjadinya kecurangan.


"Saya mengimbau masyarakat untuk menggunakan hak pilih dengan penuh tanggung jawab. Ciptakan kondisi yang kondunsif sehingga pemilu bisa berlangsung dengan lancar," kata Gubernur Lebu Raya, usai melakukan teleconference dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Mapolda NTT, Rabu (8/4/2009).

Pemungutan suara dimulai pukul 07.00 Wita sampai dengan pukul 13.00 Wita. Jika sampai pukul 13.00 Wita, masih ada pemilih yang belum melaksanakan haknya, maka bisa diperpanjang. Namun, kata Gasim Noor, petugas KPPS tidak memanggil atau menjemput pemilih yang hingga pukul 13.00 Wita belum mendatangi TPS.

Menurut Noor, penyelenggara Pemilu Legislatif di setiap tingkatan sudah siap melaksanakan pemungutan suara. Hasil monitoring KPUD NTT, semua logistik sudah didistribusikan ke tempat pemungutan suara (TPS) dan KPPS sudah menyiapkan TPS. Undangan untuk pemilih pun, katanya, sudah disampaikan sesuai DPT. Pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT tidak diakomodir. 

"Sampai pukul 10.00 Wita (kemarin, Red) logistik untuk seluruh kabupaten/kota di NTT telah terdistribusi. Warga yang telah menerima undangan diharapkan segera menuju TPS untuk menggunakan hak politiknya," kata Noor.

Gubernur Lebu Raya mengatakan, NTT sudah dalam posisi siap menyelenggarakan pemungutan suara. Semua kebutuhan logistik sudah didistribusikan ke daerah-daerah.

Dari sisi pengamanan, Kapolda NTT, Brigjen Polisi Drs. Antonius Bambang Suedi menegaskan, Polda NTT mengerahkan 7.000 lebih personel untuk pengamanan pemungutan suara.

Polri dibantu tenaga Linmas sebanyak 26.000 personil dan 680 personil TNI yang ada di NTT.Danrem 161/Wirasakti Kupang, Kolonel (Inf) Winston P Simanjuntak mengatakan, TNI mengerahkan anggotanya TNI di Korem dan semua Kodim di NTT untuk memback up polisi mengamankan jalannya pemungutan suara dan penghitungan suara. Tiap Kodim menyiapkan 60 personel.

Selama proses pemungutan suara, katanya, perbatasan RI-Timor Leste di Kabupaten Belu dan TTU ditutup untuk sementara waktu.

"Pintu perbatasan tidak perlu ditutup. Kita sudah kordinasikan dengan pihak Kedubes RI di Timor Leste, untuk mengantipasi hal itu," tegas Danrem. (gem/bb/ben)

KURSI DEWAN DAN CALEG
Lembaga Perwakilan Jumlah Caleg Jumlah Kurs
--------------------------------------------------------
DPR RI                          307                        13
DPD RI                            40                          4 
DPRD NTT                1.082                        55
DPRD kab/kota       11.549                     605 
-------------------------------------------------------- 
Total                         12.978                      677
 ------------------------------------------------------

Pos Kupang edisi Kamis, 9 April 2009 halaman 1

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes