Gemar Yakin Menang, Jalin Merendah

ATAMBUA, PK -- Calon Bupati dan Wakil Bupati Belu, drg. Gregorius Mau Bili-Drs. Berchmans Mau Bria (paket Gemar) manargetkan meraih kemenangan pada putaran kedua Pilkada Belu, tanggal 11 Desember 2008. Sementara pasangan Drs. Joachim Lopez-Ludovikus Taolin, B.A (paket Jalin) tidak mau berandai-andai soal kemenangan. Paket Jalin berserah kepada Tuhan dan rakyat Belu.

Kepala Bappilu PDIP Kabupaten Belu yang juga tim sukses paket Gemar, Hendrikus Ch. Ata Palla, SP, dan calon Wakil Bupati Belu dari paket Jalin, Ludovikus Taolin, B.A, dan tim sukses paket Jalin, Dominikus Kiik Asa, mengatakan hal ini ketika dihubungi Pos Kupang secara terpisah di Atambua, Selasa (9/12/2008).

Ata Palla menjelaskan, pilkada langsung oleh rakyat di Belu ini merupakan yang pertama kali. Rakyat dengan suara hatinya memilih pemimpin Belu lima tahun kedepan. Terkait dengan pilkada putaran II tanggal 11 Desember 2008 ini, paket Gemar tentu punya target untuk menang karena Gemar punya kekuatan yang sangat besar ada pada rakyat. Kekuatan paket Gemar sangat terbukti, karena kedua calon ini sangat bersih dan jujur, tidak menggunakan money politics untuk meraih kemenangan. 

Sementara Ludovikus Taolin mengatakan, bagi paket Jalin, tidak memiliki target yang muluk-muluk untuk pilkada putaran kedua nanti. Bagi paket Jalin, kunci kemenangan pada pada Tuhan dan rakyat. Untuk itu, Jalin menyerahkan sepenuhnya kepada kehendak Tuhan dan menyerahkan sepenuhnya kepada rakyat Belu untuk menentukan pilihan paket mana yang pantas pimpin Belu lima tahun kedepan.

"Kalau ditanya tentang menang, kami dari paket Jalin serahkan kepada yang kuasa. Dialah yang memberi keputusan terbaik untuk rakyat Belu lima tahun kedepan. Kami juga serahkan kepada rakyat Belu karena merekalah yang memberikan keputusan terbaik. Kami tidak mau pasang target nanti orang bilang kita sombong," ujar Ludovikus.

Secara terpisah Ketua Partai PIB yang juga pendukung paket Jalin, Dominikus Kiik Asa, mengatakan, partainya akan berjuang sekuat tenaga untuk memenangkan paket Jalin pada putaran kedua nanti. Bagi PIB, duet Jalin (Drs. Joachim Lopez-Ludovikus Taolin, BA) adalah pasangan yang ideal yang sudah dikenal dan mengenal karakteristik masyarakat Belu. Kedua figur ini, tidak diragukan lagi dalam dunia pemerintahan sehingga sangat pantas untuk menahkodai Belu lima tahun mendatang.
Untuk diketahui, sesuai hasil pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Belu, Rabu (29/10/2008), dua dari empat paket calon bupati dan wakil bupati Belu yakni, Drs. Joachim Lopez-Ludovikus Taolin, BA (Paket Jalin) dan drg. Gregorius Mau Bili-Drs. Berchmans Mau Bria (Paket Gemar) maju ke putaran kedua. Pada pleno di tingkat KPU, empat paket calon, tidak ada yang mengumpulkan suara sah 30 persen dari total suara sah sebanyak 166.277. Adapun urutan pengumpulan suara sah para paket yakni, paket Jalin mengumpulkan suara 48.319 atau 29,17 persen, paket Gemar mengumpulkan suara 44.473 atau 26,74 persen, paket Brita mengumpulkan suara 40.993 atau 24,65 persen dan paket Sera mengumpulkan suara 32.292 atau 19,42 persen. 

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Belu telah memastikan daftar pemilih tetap (DPT) pada pilkada putaran kedua tanggal 11 Desember 2008 sebanyak 217.678 pemilih atau terjadi penambahan 184 pemilih tambahan dari putaran pertama sebanyak 217.494 pemilih. 

Total pemilih ini belum termasuk pemilih khusus yang tersebar di TPS khusus yakni, RSU Atambua, RS Halilulik dan RS Betun. Para pemilih ini akan menggunakan hak pilih di 530 tempat pemungutan suara (TPS) di 208 desa yang ada di 24 kecamatan di Belu. Hingga saat ini, logistik sudah didroping ke kecamatan untuk selanjutnya dikirim ke TPS-TPS.

Ketua KPU Belu, A Martin Bara Lay, S.H, melalui Ketua Pokja Pendaftaran dan penetapan Pemilih, Gabriel Oes Bele, S.SoS, dan Ketua Pokja Logistik, Sisilia Prisca Tes, S.SoS, mengatakan hal ini saat ditemui di Sekretariat KPU Belu, Selasa (9/12/2008).

Gabriel menjelaskan, terkait dengan pelaksanaan pilkada putaran kedua, pihaknya sudah mendata kembali para calon pemilih. Setelah diverifikasi ternyata terjadi penambahan pemilih sebanyak 184 pemilih dari total pemilih pada putaran pertama sebanyak 217.494 pemilih. Dari DPT yang ada saat ini, katanya, total pemilih sebanyak 217.678 pemilih yang bakal menggunakan hak suaranya. (yon)

Pos Kupang edisi Rabu, 10 Desember 2008 halaman 1
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes