Lentera Unggul Tipis di Rote

* Jalin makin melaju di Belu

BA'A, PK -- Hasil sementara pemungutan suara pada Pilkada Rote Ndao putara kedua, Sabtu (13/12/2008), pasangan Lens Haning-Marthen Luther Saek (Lentera) unggul tipis atas pasangan Christian Nehemia Dillak-Zakarias P Manafe (Nazar). Lentera sudah mengoleksi 19.442 suara dan Nazar mengejar di posisi 18.501 suara, terpaut hanya 941 suara.Hasil sementara ini dikeluarkan KPUD Rote Ndao, semalam pukul 20.30 Wita (Sabtu).

Menurut hasil sementara yang dikumpulkan Pos Kupang, Lentera juga unggul sementara di tiga dari lima kecamatan se-Kabupaten Rote Ndao, yakni Rote Barat, Rote Barat Daya dan Rote Barat Laut dengan jumlah suara 22.713. Sedangkan Nazar unggul sementara di dua kecamatan lainnya, yakni Lobalain dan Rote Selatan dengan jumlah suara 18.903. Pos Kupang 14 Desember 2008 halaman 1

Di Rote Barat Lentera memperoleh 2.981 suara dan Nazar 2.275, di Rote Barat Daya, Nazar memperoleh 2.289 suara dan Lentera memperoleh 7.747 suara, Kecamatan Rote Barat Laut, Nazar 4.474 suara dan Lentera 6.363 suara. 

Pantauan Pos Kupang di Kota Ba'a, pagi sekitar pukul 07.00 Wita suasana kota tampak lengang. Sejumlah TPS yang sudah siap menerima pemilih untuk mencoblos harus menunda sesaat karena para pemilih belum tiba. Sekitar pukul 07.30 Wita baru pemilih mulai mendatangi TPS untuk mencoblos.

Partisipasi masyarakat tidak kalah surut dengan Pilkada putaran pertama. Tidak terjadi gangguan keamanan dan ketertiban selama pemungutan suara berlangsung.
Sipri, petugas di TPS 3 Kelurahan Namodal, mengatakan, partisipasi pemilih di TPS itu pada pemilihan putaran pertama tidak berbeda jauh dengan pada putaran kedua, kemarin.

"Memang agak molor beberapa menit karena hujan semalaman. Tapi, partisipasi para para pemilih sama dengan pilkada putaran pertama namun jumlah pemilih agak sedikit berkurang," kata Sipri.

Di RSUD Ba'a terlihat sepi. Di ruang bangsal dewasa ada tiga orang dewasa namun ketiganya tidak memilih karena tidak mendapat surat panggilan. "Kami tidak pilih karena tidak ada surat pemilih untuk kami," kata Ince, pasien yang dirawat di bangsal itu.

Sementara di Rutan Ba'a, juga tampak sepi. Pada pilkada putaran pertama ditempatkan TPS di Rutan Ba'a namun pada putaran kedua para pemilih dari Rutan itu diarahkan untuk memilih di luar Rutan, yakni di TPS 4, Kecamatan Mokdale yang menggunakan lokasi di SMUN 1 Ba'a. Dari 133 orang dewasa yang menghuni Rutan, hanya 37 orang yang mengunakan hak politiknya.
"Ada 37 orang yang ikut coblos. Dan, mereka dikawal petugas di Rutan. Paada pilkada putaran pertama lebih dari 37 orang yang coblos," kata Anwar, salah satu petugas di Rutan Ba'a.

Tim sukses dua paket yang bertarung pada Pilkada putaran kedua ini terlihat berkumpul di sekretariat tim sukses masing-masing menunggu hasil rekapitulasi dari tim sukses. 

Sementara itu anggota Brimobda yang membawa kelengkapan persenjataan, termasuk water canon terlihat berpatroli di titik-titik yang dipandang rawan. Polisi melarang tim sukses untuk melakukan pawai kemenangan usai pencoblosan.

Kapolres Rote Ndao, Kompol Juventus Seran yang dihubungi melalui Kapolsek Lobalain, Ipda Sukirja, mengatakan, kondisi secara keseluruhan di Kota Ba'a aman.

"Tadi paket Lentera hendak pawai namun kami larang karena hasil pilkada belum pasti," katanya.Calon Bupati Rote Ndao, Christian Nehemia Dillak yang ditemui usai mencoblos, mengatakan siap menerima hasil Pilkada. 

Jalin Melaju di Belu
Dari Atambua dilaporkan, saksi pasangan calon Gregorius Mau Bili- Berchmans Mau Bria (Paket Gemar) menolak hasil pleno PPK Tasifeto Timur, Sabtu (13/12/2008). Mereka tidak mau menandatangani berita acara pleno, sementara saksi paket Jalin (Joachim Lopez- Ludovikus Taolin) menandatangani berita acara. Dari pleno PPK di kecamatan ini, Gemar memperoleh 5.392 suara dan Jalin memperoleh suara 3.723, dan suara tidak sah 185.

Camat Tasifeto Timur, Marsel Mau Meta yang dikonfirmasi Pos Kupang ke Wedomu, Ibu kota Kecamatan Tasifeto Timur, semalam, membenarkan tentang penolakan tanda tangan berita acara oleh saksi Gemar.

Ketua KPUD Belu, A Marthin Bara Lay, S.H mengatakan, rekapan sementara sampai Sabtu, (13/12/2008) pukul 19.00 Wita, pasangan Jalin masih terus melaju dengan 76.372 suara (51,99 persen) dan Gemar memperoleh 70.503 suara (48,002 persen). Hingga saat ini dua kecamatan belum memasukkan data hasil sementara yakni, Kecamatan Laenmanen dan Kecamatan Wewiku. (iva/yon)
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes