Julian AW Purba: Baru Dengar tentang FAN

MASUK dalam nominasi NTT Academia Award 2008, membuat Julian AW Purba dan Samuel Sampe terkejut. Keduanya tidak pernah menyangka bisa masuk dalam ajang bergengsi ini. Bagi keduanya, mendengar nama NTT Academia Award pun tidak pernah, apalagi bisa terpilih dan masuk sebagai nominasi. Nominasi ini membuat Julian terkejut sekaligus bangga.

Julian merupakan salah satu peraih medali emas Olimpiade Sains Nasional (OSN) di Makassar untuk bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Julian Purba yang kelahiran Jakarta, 7 Oktober 1997 ini seperti tidak percaya. Nama NTT Academia Award sendiri sangat asing baginya. Ia mengaku baru mengetahui nama ini ketika menerima surat dari Forum Academia NTT (FAN) yang disampaikan oleh Pos Kupang. 

"Saya sama sekali tidak tahu tentang Academia Award. Saya baru mendengarnya sekarang. Memangnya ada ya, di mana alamatnya. Kok selama ini tidak pernah terdengar," kata bocah bernama lengkap Julian Adity Wijaksono Purba saat ditemui di kediamannya Jalan Perintis Kemerdekaan-Kupang, tepatnya di belakang Gereja Kota Baru Kupang.

Putra pasangan Rufinus Purba dan dr. Woro Indri ini merupakan siswa kelas VI Sekolah Dasar (SD) Kristen Tunas Bangsa-Kupang. Keberhasilannya masuk nominasi NTT Academia Award ini tidak terlepas dari prestasinya meraih emas bagi tim NTT dalam OSN bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Makassar bulan Agustus lalu.

Menurutnya, sudah banyak sekali orang NTT termasuk anak-anak NTT yang berhasil di mana pun mereka berada dan dalam berbagai bidang. Namun sejauh ini, belum ada perhatian serius dari pihak-pihak yang berwenang sehingga banyak pula yang harus hengkang dari NTT ke daerah lain. Bahkan, mereka memilih menetap di daerah lain ketimbang pulang dan mengabdi di NTT. 

Julian mengaku, penghargaan seperti ini mampu memotivasi masyarakat atau siapa pun untuk mendulang prestasi, termasuk anak-anak SD sampai perguruan tinggi di daerah ini. Julian memang sangat suka dengan pelajaran IPA. Menurutnya, dengan mempelajari IPA, orang akan tahu tentang alam, dan alam sebenarnya sangat dekat dengan manusia. *
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes