Bupati dan Wabup SBD Dilantik Bulan ini

WEETABULA, PK--Ketua KPUD Sumba Barat, Nehemia Katu, mengatakan, pertengahan bulan ini, Bupati dan Wakil Bupati Sumba Barat Daya (SBD) terpilih, dr. Kornelius Kodi Mete dan Jack Malo Bulu, dilantik oleh Gubernur NTT, Drs. Frans Lebu Raya, mewakili Mendagri RI. 

Ditemui di ruang kerjanya di Weetabula, Rabu (3/12/2008), Katu mengatakan, salinan keputusan sengketa pilkada Kabupaten SBD oleh Pengadilan Tinggi Propinsi NTT, nomor; 02/P.pilkada-piwalkada/2008/PTK tanggal 19 November 2008, telah diantar kepada Mendagri RI di Jakarta, belum lama ini. Dengan demikian, kata Katu, Mendagri tinggal menetapkan pasangan pemenang pilkada tersebut karena tidak ada masalah lagi. 

Katu mengatakan hal itu ketika ditanya kepastian waktu pelantikan bupati dan wakil bupati SBD periode 2008-2013. Ia menyatakan, sekarang ini KPUD tinggal menunggu hasil penetapan Mendagri atas paket pemenang pilkada SBD itu. Jadi, secara teknis hal itu sudah menjadi wilayah urusan pemerintah, karena selaku penyelenggara pilkada, telah menyerakan hasil pilkada kepada pemerintah untuk ditetapkan pasangan pemenang sebagai bupati dan wakil bupati definitif. Dengan demikian, kata Nehemia, proses penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan dapat berjalan dibawa kendali pemimpin pilihan rakyat. 

Dia mengaku, proses pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih sedikit mengalami perubahan, karena adanya sengketa pilkada sebagaimana digugat pasangan kandidat Thimotius Langgar, S.H-dr.Marten Caley (paket Telaten). Namun, gugatan paket Telaten ditolak Pengadilan Tinggi NTT, karena tidak memiliki cukup bukti. 

Berdasarkan hasil keputusan itu, demikian Nehemia, pihaknya selaku penyelenggara pilkada bersama Pemerintah Propinsi NTT, pimpinan DPRD SBD dan Penjabat Bupati SBD, beberapa waktu lalu bertolak ke Jakarta menyerahkan berkas hasil pilkada agar Mendagri mensahkan calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah Kabupaten SBD periode 2008-2013, menjadi kepala daerah dan wakil kepala daerah definitif. (cha)

Pos Kupang edisi Sabtu, 6 Desember 2008 halaman 17
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes