Pilkada Rote: Lentera Tinggalkan Nazar

BA'A, PK---Proses penghitungan hasil suara di empat kecamatan di Kabupaten Rote Ndao, Senin (15/12/2008), menunjukkan pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Rote-Ndao, Lens Haning dan Marthen Luther Saek (paket Lentera) mendulang 16.344 suara. Sedangkan pasangan Christian Nehemia Dillak dan Zakarias P Manafe meraih 14.410 suara. Meski berjalan lancar, proses penghitungan di empat PPK dikawal ketat aparat keamanan.

Pantauan Pos Kupang di Kantor Camat Lobalain, proses penghitungan dikawal ketat anggota Polres Rote Ndao dan anggota Brimobda NTT. Aparat keamanan turun lengkap dengan peralatan persenjataan seperti water canon dan mobil partroli. Umumnya proses penghitungan suara yang dimulai sekitar pukul 08.00 Wita tersebut berakhir sekitar pukul 11.00 Wita. Di Kecamatan Lobalain, paket Nazar unggul dengan 8.179 suara, sedangkan paket Lentera 4.645 suara. 

Sementara di Rote Barat, paket Nazar memperoleh 2.275 suara, sedangkan Lentera 2.981 dari jumlah suara sah sebanyak 6.611. Sedangkan di Rote Selatan dengan jumlah pemilih 3.190, paket Nazar meraup suara 1.686, sedangkan paket Lentera memperoleh 971 suara dengan jumlah suara rusak sebanyak 33. 
Di Rote Barat Daya (RBD), paket Nazar hanya memperoleh 2.289, sedangkan paket Lentera yang merupakan putra asli RBD memperoleh suara sebanyak 7.747. 

Anggota KPUD Rote Ndao, Berkat NMF Ngulu, SH, Frida IE Tjong, SH, Deny Saudale, SE yang ditemui usai melakukan pendampingan di empat PPK mengakui, proses penghitungan berjalan lancar, tidak mendapat hambatan. Bahkan, umumnya saksi dari dua paket yang hadir menerima hasil rekapitulasi di masing-masing PPK.

"Prosesnya lancar dan para saksi menerima hasil penghitungan suara di tingkat PPK. Kita berharap saat proses rekapitulasi di tingkat KPUD juga berjalan lancar," harap Berkat NMF Ngulu yang ditemui usai mengawal proses rekapitulasi di Rote Barat Daya.

Ia juga mengakui, Selasa (16/12/2008) hari ini, penghitungan akan berlanjut di empat PPK lain, yakni Rote Barat Laut, Rote Timur, Pantai Baru dan Rote Tengah.

Sementara itu, Kapolres Rote Ndao, Kompol Juventus Seran yang dihubungi melalui Kaur Bin Ops, Tommy Penna, saat melakukan koordinasi proses antarjemput surat suara dari empat PPK tersebut mengakui suasana keamanan di empat PPK yang melakukan rekapitulasi berlangsung aman.

Ia juga mengakui, ada keinginan paket Lentera untuk melakukan pawai keliling di Kota Ba'a dan sekitarnya, namun polisi masih melarang karena proses penghitungan sedang berjalan. "Proses penghitungan masih berlangsung. Karena itu kita meminta kepada paket Lentera agar tidak melakukan pawai. Kalau sudah tahu hasilnya baru dibicarakan lagi keinginan paket Lentera untuk pawai," kata Penna.

Tak ada pelanggaran
Di Kabupaten Belu, Panitia Pengawas (Panwas) Belu tidak menemukan pelanggaran berat dalam seluruh proses pelaksanaan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah (Pilkada) putaran kedua. Panwas hanya menemukan pelanggaran ringan seperti pemasangan atribut, pengklaiman oknum tertentu pada satu wilayah sebagai basisnya, tetapi langsung ditegur panwas di tingkat kecamatan.

Ketua Panwas Belu, Valens Parera, S.Ip, mengatakan hal ini ketika dihubungi Pos Kupang di Atambua, Minggu (14/12/2008). Valens ditanyai tentang hasil temuan pelanggaran dalam seluruh proses pilkada putaran kedua di Belu.

Valens menjelaskan, pihaknya menempatkan petugas di tingkat kelurahan/desa. Dari hasil pengamatan selama proses pilkada, kata Valens, tidak ada temuan pelanggaran yang fatal. Dari laporan yang masuk, kata Valens, jenis pelanggaran yang terjadi adalah pelanggaran ringan seperti pemasangan baliho paket tertentu dan mengklaim sebagai basis paket tersebut. Meski demikian, petugas panwas langsung menegur dan langsung menertibkan. (iva/yon)

Pos Kupang 16 Desember 2008 halaman 1
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes