Benny Dasman Raih XL Award 2008

KUPANG, PK -- Karya jurnalistik (feature) wartawan Pos Kupang/SPIRIT NTT, Benny Dasman, berjudul, "Mencari Sinyal di Pohon Asam," memenangi XL Award 2008 Writing and Photo Competition yang diselenggarakan oleh PT Excelcomindo Pratama Tbk (XL) di Jakarta.

Tulisan Benny yang melakukan on the spot ke Oepoli, Kecamatan Amfoang Timur, Kabupaten Kupang, 13-14 Oktober 2008, itu meraih juara pertama untuk kategori karya jurnalistik wartawan. Karya jurnalistik wartawan dari seluruh Indonesia yang mengikuti lomba ini sebanyak 111 tulisan.

Penganugerahan atau awarding untuk para pemenang telah dilakukan di Mario's Place, Menteng-Jakarta Pusat, Kamis (5/3/2009), namun Benny tidak mengikutinya karena sedang dalam pemulihan kesehatan.

Untuk kategori Foto jurnalistik karya Ocha Alim Bachri dari Harian Tribun Timur (Makassar) berjudul Telepon menjadi kampiunnya. Sementara karya tulis kategori umum dimenangi Pani Zaristian V (Yogyakarta) dengan karya berjudul, "Menilik Peran Industri Seluler Dalam Menyingkap Tabir Korupsi, Terorisme, dan Pemilu 2009." Dan, untuk foto kategori umum, karya IBN Primarta (Denpasar), berjudul Baca SMS merebut juara pertama.

Siaran pers Panitia XL Award 2008 yang diperoleh Pos Kupang dari Jakarta, Kamis (5/3/2009), menyebutkan total materi peserta yang diterima panitia lomba sebanyak 1.148 karya. Dari jumlah ini, 111 karya jurnalistik wartawan dari seluruh Indonesia, 269 karya tulis umum, 554 karya foto umum, dan 214 karya foto wartawan. Jumlah peserta XL Award 2008 ini melebihi jumlah karya XL Award tahun-tahun sebelumnya atau meningkat 300 persen. Asal peserta juga semakin beragam, dengan peserta luar Jawa semakin meningkat. Sementara yang meraih juara didominasi peserta dari luar Jakarta.

Karya jurnalistik wartawan dan karya tulis kategori umum ini dinilai dewan juri yang terdiri dari Budiono Darsono (wartawan senior), Maswigrantoro Roes Setiyadi (praktisi) dan Myra Junor (XL). Sementara lomba foto dinilai juri yang terdiri dari Oscar Motulloh (fotografer senior), Edward Tigor Siahaan (praktisi), dan Benny Herlambang (XL).

Lebih Optimis
Presiden Direktur XL, Hasnul Suhaimi, mengatakan, "Lomba karya tulis dan foto XL Award kami selenggarakan untuk menggali pendapat masyarakat dalam menyikapi kemajuan industri telekomunikasi Indonesia, termasuk XL sebagai salah satu operator. Seperti tahun-tahun sebelumnya, ide-ide dan masukan yang tertuang dari karya peserta selalu membuat kami menjadi lebih optimis untuk menghadapi tantangan ke depan."

Salah satu juri karya tulis, Budiono Darsono, mengatakan, XL Award kali ini menunjukkan kualitas penulisan yang sangat beragam dan penyebaran peserta yang tidak lagi hanya dari kota-kota besar. "Keberadaan blog saya kira ikut mempengaruhi kualitas karya dan kuantitas peserta. Saya kira ini kemenangan para blogger," lanjutnya.

Untuk diketahui, XL adalah salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia yang dimiliki oleh TM International Bhd melalui Indocel Holding Sdn Bhd (83,8%), Etisalat melalui Emirates Telecommunications Corporation (Etisalat) International Indonesia Ltd (16%) dan publik (0,2%). XL satu-satunya yang memiliki jaringan serat optik yang luas. XL beroperasi secara komersial sejak 8 Oktober 1996, dan bisnis XL saat ini adalah Consumer Solutions sebagai penyedia layanan dan jaringan seluler berkualitas dan Business Solutions sebagai penyedia layanan solusi korporat. Pada 21 September 2006, XL telah meluncurkan XL 3G, layanan telekomunikasi selular berbasis 3G pertama yang tercepat dan terluas di Indonesia. (eni)

PEMENANG XL AWARD 2008
* Karya Jurnalistik Wartawan
- Juara 1: Benny Dasman/Pos Kupang/SPIRIT NTT (Mencari Sinyal di Pohon Asam)
- Juara II: Sulistiono/Harian Media Indonesia (Wabah Tekno 'Menjangkiti' Timbulharjo)
- Juara III: FX Bambang Irawan/Tabloid Sinyal (Koran 'Versi M' sebagai VAS Masa Depan)
- Juara IV: Masuki M Astro/Antara Jatim (Kerja Wartawan di Era Telepon Seluler)
- Juara V: Chandra Wirawan/ Majalah e-Indonesia (Memadukan Teknologi Seluler Dengan Sistem Peringatan Dini Tsunami)

* Karya Tulis Umum
- Juara 1: Pani Zaristian V (Menilik Peran Industri Seluler Dalam Menyingkap Tabir Korupsi, Terorisme dan Pemilu 2009) 
- Juara II: Joko Guntoro (Sinyal Hadir: Meretas Peluang Ekonomi Antar Daerah)
- Juara III: Titiek Hariati (HP Tahu-Tempe)
- Juara IV: Ayos Purwoaji (Sinyal dari Seliuk)
- Juara V: Gunawan Sutanto (Buah Konvergensi Tekhnologi Informasi Dan Telekomunikasi Di Indonesia)

* Kategori Foto Wartawan
- Juara 1: Ocha Alim Bachri/Tribun Timur (Telepon)
- Juara II: Ari basuki/Koran Tempo (Cuaca Bukan Masalah)
- Juara III: Surya Adi Lesmana/Bernas Jogya (radisi dan Teknologi Informasi)
- Juara IV: Andi Kurniawan Lubis/Harian Analisa (Semakin Murah)
- Juara V: Abdul Malik MSN/Gatra (Foto Bersama) 

* Kategori Foto Umum
- Juara 1: IBN Primarta (Baca SMS)
- Juara II: IB Andi Sucitra (Kabar dari Ananda)
- Juara III: M Arif Prabowo (Bentar Lagi Bapak Pulang)
- Juara IV: Rawisyah Aditya (Terima Panggilan)
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes