Selamat datang para yuniorku

SETELAH enam tahun tidak merekrut reporter baru, awal tahun 2009, manajemen Pos Kupang kembali membuka lapangan kerja bagi putra-putri Nusa Tenggara Timur yang berminat di dunia jurnalistik. 

Selain menggantikan sejumlah wartawan yang mengundurkan diri karena alih profesi seperti PNS, politisi, wirausaha, penerimaan wartawan baru sejalan dengan kebutuhan Pos Kupang. Lebih dari 30 orang memasukkan lamaran ke Bagian PSDM Pos Kupang sampai batas akhir yang ditentukan.

Dari jumlah tersebut 16 orang lolos syarat administrasi dan dipanggil guna mengikuti tes tertulis, psikotes dan wawancara. Dan, hanya 10 orang yang lulus dan berhak mengikuti pelatihan dasar jurnalistik selama tiga pekan. 

Ke-10 calon wartawan itu adalah Mayelus Dori Bastian (Mayelus), Junus Imanuel Hauteas (Jumal), Salomo Haba (Ginz), Agnesta Silviana Radja (Esthy), Yohanes Taena (John), Servatius Mammilianus (Servan), Fredrikus Royanto Bau (Edy), Moses Watu (Mosel), Viktor D Mbura (Itho) dan Margaret Rego da Silva (Reth).

Pelatihan berlangsung di Gedung PWI, Jl. Veteran Kupang sejak tanggal 23 Maret hingga 6 April 2009. Pelatihan setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 Wita. Materi pelatihan 80 persen praktek dan sisanya teori di kelas. Tim pelatih terdiri dari saya dan para Redpel/Manajer Produksi yaitu Dami Ola, Tony Kleden, Benny Dasman dan Hyeron Modo. Sejumlah redaktur juga dilibatkan pada saat membimbing calon reporter menulis berita langsung dan features.

Setiap kali melatih calon wartawan baru, saya selalu merasa disegarkan kembali tentang jurnalisme. Kembali 'memperbarui janji dan komitmen' saya untuk berbakti di medan jurnalistik.

Bahagia sekali melihat semangat mereka menjalani pelatihan dengan tekun, serius dan tidak mudah mengeluh. Para calon reporter itu berusaha sekuat mungkin memahami langkah- langkah yang kami berikan. Kepada mereka selalu saya katakan, lulus tidaknya tergantung dirimu sendiri. Maka berusahalah sebaik mungkin.

Dari sepuluh orang itu, tujuh orang lulus ujian yaitu Mayelus Dori Bastian (Mayelus), Junus Imanuel Hauteas (Jumal), Salomo Haba (Ginz), Agnesta Silviana Radja (Esthy), Yohanes Taena (John), Servatius Mammilianus (Servan) dan Fredrikus Royanto Bau (Edy). Baik yang lulus maupun tidak lulus, Manajemen Pos Kupang memberikan semacam sertifikat, suatu tanda bahwa mereka telah mengikuti pelatihan dasar jurnalistik. Ya, selamat datang para yuniorku. Selamat bergabung dengan Pos Kupang. "Jadilah wartawan yang bisa dipercaya!" (*)
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes