Thobias Uly jadi Penjabat Bupati Sabu Raijua

KUPANG, PK --- Ir. Thobias Uly, M.Si, ditetapkan dan diangkat oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) menjadi Penjabat Bupati Kabupaten Sabu Raijua. Pelantikan Uly, menurut rencana, dilangsungkan di Aula Sasana Bakti Praja Departemen Dalam Negeri Jakarta, Selasa (26/5/2009).

Thobias Uly (Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga NTT), jelas Asisten Tata Praja Setda NTT, Yoseph Mamulak, kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (25/5/2009), ditetapkan berdasarkan Surat Penjabatan Nomor T.131.53/1313/OTDA tanggal 23 Mei 2009. Bersamaan dengan pelantikan Uly, diresmikan juga Kabupatan Sabu Raijua. 

"Keputusan ini baru kami peroleh siang ini dari Depdagri melalui faksimil," kata Mamulak. Sore ini (kemarin sore, Red), calon penjabat terpilih akan berangkat bersama gubernur ke Jakarta untuk mengikuti gladi bersih.

Mamulak menegaskan, jadwal dan tempat peresmian tetap dilaksanakan sesuai dengan kesepakatan bersama Departemen Dalam Negeri (Depdagri) dalam pertemuan di Jakarta, Rabu (20/5/2009) lalu. "Tidak ada perubahan. Kami sudah sepakati peresmian tetap dilaksanakan pada tanggal 26 Mei 2009, pukul 09.00WIB (pagi ini, Red) bertempat di Aula Sasana Bakti Praja Departemen Dalam Negeri Jakarta," kata Mamulak.

Selain Kabupaten Sabu Raijua, terang Mamulak, ada lima kabupaten/kota baru di propinsi lain yang juga diresmikan, yaitu satu kabupaten dan satu kota di Propinsi Sumatera Utara, satu kabupaten dari Riau, dan dua kabupaten dari Papua. 

Data yang dihimpun Pos Kupang dari Biro Tata Pemerintahan NTT, berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 52 Tahun 2008 tentang Pembentukan Kabupaten Sabu Raijua di Propinsi NTT, Ibu kota Kabupaten Sabu Raijua berkedudukan di Kecamatan Sabu Barat. Kabupaten Sabu Raijua memiliki luas wilayah lebih kurang 460,54 km persegi dengan jumlah penduduk pada tahun 2006 72.190 jiwa. Kabupaten ini memiliki enam kecamatan, yaitu Kecamatan Sabu Barat, Sabu Tengah, Sabu Timur, Sabu Laiae, Hawu Mehara, dan Raijua. 

867 PNS ke Sabu 
Sebanyak 867 PNS di Kabupaten Kupang siap pindah dan bertugas di Kabupaten Sabu Raijua. Ke- 867 PNS tersebut terdiri 37 pejabat yang mendaftarkan diri pada Bagian Kepegawaian Kabupaten Kupang, 794 PNS dan 36 sekretaris desa yang selama ini mengabdi di lima kecamatan yang ada di Sabu.

Kepala Bagian (Kabag) Kepegawaian Kabupaten Kupang, Hendrik P Dami, menyampaikan hal ini di ruang kerjanya, kemarin. Menurut Dami, dari 37 pejabat yang mendaftarkan diri secara langsung di Bagian Kepegawaian, dua di antaranya pejabat eselon II, yaitu Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan, Ir. Johan Alex Doko, dan Kepala Dinas Koperasi dan UKM, yang juga sebagai Plt Asisten III Kabupaten Kupang, Okto Radja Pono. 

Kedua pejabat tersebut telah menyatakan kesediaan mereka pindah ke Sabu Raijua untuk membangun masyarakat. "Untuk sementara yang terdaftar di kepegawaian sebanyak 867 PNS, namun jumlah tersebut belum bisa dipastikan karena pasti ada penambahan," kata Dami. (aa/mas)

Data Sabu Raijua
Luas wilayah lebih kurang 460,54 Km2

Jumlah penduduk pada tahun 2006 berjumlah 72.190 jiwa

Terdiri dari 6 kecamatan, yaitu :
1. Kecamatan Sabu Barat
2. Kecamatan Sabu Tengah
3. Kecamatan Sabu Timur
4. Kecamatan Sabu Liae
5. Kecamatan Hawu Mehara
6. Kecamatan Raijua
Sumber : Biro Tata Pemerintahan NTT

Pos Kupang edisi Selasa, 26 Mei 2009 halaman 1
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes