Suster Italia dan Dokter AS Dapat Medali

DILI, PK -- Pada upacara peringatan HUT kemerdekaan Timor Leste tahun ini, Presiden Jose Ramos Horta menyerahkan medali penghargaan tertinggi kepada empat orang tokoh yang berjasa di bidang olahraga dan kemanusiaan. Keempat orang tersebut adalah Aquida Amaral (Timor Leste), Alcino Pareira (Timor Leste), Sr. Maria Sioda (Italia) dan dr. Daniel Murphy asal Amerika Serikat.

Amaral adalah mantan atlet atletik nasional Timor Leste yang juga mantan atlet nasional Indonesia semasa Timor Leste masih menjadi propinsi ke-27 RI. Kini Amaral berperan sebagai pelatih atletik. Bulan lalu anak asuh Amaral meraih satu medali perak dan satu medali perunggu di ajang Arafura Games di Darwin, Australia Utara.

Alcino Pareira merupakan atlet cacat nasional Timor Leste yang sudah mengharumkan nama negara baru tersebut dalam berbagai kompetisi internasional.

Suster Maria Sioda asal Italia mengabdi di Timor Leste sejak tahun 1976. Suster dari ordo FDCC (Canossa) itu dinilai berjasa dalam pelayanan kesehatan dan pendidikan bagi putra-putri Timor Leste. Sedangkan Daniel Murphy adalah dokter asal Amerika Serikat yang berjasa meningkatkan derajat kesehatan rakyat Timor Leste.


Sejak mengabdi di Timor Leste tahun 1998, dokter Murphy antara lain berhasil menyembuhkan kurang lebih 1.000 orang Timor Leste yang terkena penyakit TBC. "Negara kita tidak boleh melupakan orang-orang yang telah berjasa," kata Presiden Horta saat menyerahkan penghargaan medali kepada empat orang tersebut. (osi)

Pos Kupang edisi Jumat, 22 Mei 2009 halaman 1
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes