Harga Satu Kursi ke Senayan 154 Ribu

KUPANG, PK--Hasil pleno rekapitulasi penghitungan perolehansuara untuk DPR RI daerah pemilihan (Dapil) NTT 1, menunjukkan jumlah suara sah 929.177, jika dibagi enam kursi yang diperebutkan mendapatkan bilangan pembagi pemilih (BPP) 154.863. BPP ini sebagai harga satu kursi menuju ke Senayan. 

Dari hasil pleno rekapitulasi perolehan kursi DPR RI Dapil NTT I mencakup Kabupaten Manggarai Barat, Manggarai, Manggarai Timur, Ngada, Nagekeo, Ende, Sikka, Flores Timur dan Alor, Partai Golkar mengumpulkan 179.436 suara. Jika disandingkan dengan harga satu kursi 154.863, Golkar mampu meraih satu kursi murni dengan sisa suara 24.573 suara. Caleg yang berpeluang menduduki kursi murni adalah Drs. Yosef A. Nae Soi,MM yang mengoleksi 53.798 suara. Diprediksikan Golkar baru bisa mendapat tambahan satu kursi pada penghitungan putaran ketiga. Jika demikian, caleg atas nama Melchias Marcus Mekeng yang mengumpulkan 47.451 suara. 

Partai Demokrat sebagai peraih suara terbanyak kedua sebanyak 105.925 juga berpeluang mendapat satu kursi pada penghitungan putaran kedua. Dr. Benny Kabur Harman,S.H dipastikan kembali ke Senayan dengan dukungan 60.288 pemilih. 

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang mengumpulkan 93.761 suara, juga berpeluang mendapat jatah satu kursi pada penghitungan putaran kedua. Honing Sanny yang mengoleksi 32.759 berpeluang menduduki kursi itu. Jika demikian, sudah tiga kursi yang sudah 'bertuan'. 

Tiga kursi lainnya bisa direbut Gerindra yang mengumpulkan 49.344 suara dengan caleg peraih suara terbanyak, Pius Lustrilanang,S.Ip,M.Si yang mengoleksi 27.427 suara. Hanura juga berpeluang mendapat kursi karena perolehan suaranya mencapai 47.206, dengan caleg peraih suara terbanyak Stephanus Pelor,S.H,M.H. Penghitungan putaran ketiga bisa diraih PAN yang mengumpulkan 28.514 suara. Caleg partai ini yang meraih suara terbanyak adalah Laurens Bahang Dama yang mengumpulkan 19.511 suara.

Anggota KPUD NTT, Yos Dasi Djawa yang ditemui di Sekretariat KPUD NTT, Rabu (6/5/2009) siang, mengatakan pihaknya tidak punya kewenangan menentukan perolehan kursi untuk DPR RI. Kewenangan itu ada di tangan KPU pusat. KPUD NTT hanya memplenokan rekapitulasi perolehan suara yang telah diplenokan dari kabupaten/kota di NTT. Dia membenarkan BPP untuk DPR RI daerah pemilihan NTT 1, sebesar 154.863 suara. "Masyarakat tinggal mencermati saja perolehan suara partai dan caleg yang telah diplenokan. Siapa yang bakal duduk di Senayan, nanti diumumkan KPU pusat," kata Yos Dasi.(gem/aa)

Pos Kupang 7 Mei 2009 halaman 1
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes