Karyawan Aqua Belajar Jurnalistik di Tribun Manado

Memberikan materi tentang berita, Selasa 9 Juli 2013
MANADO, TRIBUN - Sepuluh karyawan PT Tirta Investama Danone-Aqua Airmadidi merasa bangga dan banyak mendapatkan ilmu di dunia jurnalistik setelah mengikuti pelatihan di kantor Tribun Manado tanggal 9-10 Juli 2013.

"Sulit merumuskan dengan kata-kata, namun kita banyak belajar dari apa yang kita punya, tidak jauh-jauh lagi mencari," ujar Verico Ngangi, satu di antara 10 peserta.

Verico yang juga Pemimpin Redaksi Tambuk News (majalah internal PT PT Tirta Investama Danone-Aqua Airmadidi) berharap, apa yang sudah mereka pelajari dapat diterapkan pada majalah internal mereka.
Acara dibuka Pemimpin Redaksi Ribut Raharjo

"Dalam edisi berikut memang tidak akan 100 persen langsung berubah, tetapi mana yang perlu diubah itu pasti akan dilakukan," ucapnya.

Lanjutnya, satu hal yang sudah dipahaminya selama pelatihan, yakni menentukan tema sebelum membuat berita adalah suatu hal yang penting.

"Selama ini kita buat berita dahulu lalu tentukan tema, tetapi setelah mengikuti pelatihan ternyata menentukan tema itu penting untuk dilakukan terlebih dahulu," ujarnya.

Pemimpin Redaksi Tribun Manado Ribut Raharjo pada saat penutupan mengatakan, suatu saat mereka yang ikut pelatihan akan lebih maju.

"Saran saya dokumentasikan semua tulisan teman-teman dalam suatu blog, sehingga tidak perlu bawa banyak dokumen saat ke mana-mana karena datanya sudah tersimpan semua di blog," ucap Ribut.

Ribut juga memberikan sertifikat kepada para peserta latihan. "Terima kasih sudah ikut pelatihan di sini, ke depan kita dengan Aqua akan semakin meningkatkan kerja sama," ucapnya.
External Communication Manajer PT Tirta Investama Danone-Aqua Rony Rusdiansyah menambahkan, kegiatan ini akan semakin meningkatkan silaturahmi dan komunikasi dengan jajaran harian Tribun Manado.
Foto bareng seusai acara

"Teman-teman yang ikut pelatihan sangat luar biasa untuk belajar, sebab dunia jurnalistik di luar kerja utama mereka di perusahaan. Tentu mereka akan semakin bisa mengekspresikan semua materi yang didapat dalam wadah majalah internal," ujar Rony.

Selama dua hari para peserta mendapat bimbingan dari Manajer Produksi Tribun Manado Dion DB Putra, Koordinator Liputan Charles Komailing, Wakil Koordinator Liputan Aswin Donald Lumintang dan Ass Editor Yudith Rondonuwu.

Materi lainnya diberikan fotografer Tribun Manado Rizky Adriansyah dan redaktur Minggu Anthonius Iwan Adhipraja.  (vid)


Yohanna Tjahyadi: Begitu Berkesan

DUNIA
jurnalistik bukanlah hal yang asing bagi Yohanna Tjahyadi. Sebagai Corporate Communications PT Tirta Investama yang selalu berhubungan dengan masyarakat, termasuk wartawan, dasar-dasar jurnalistik tentu harus ia ketahui.
Yohana Tjahyadi

Dirinya bahkan sudah tak ingat dengan pasti berapa banyak mengikuti pelatihan jurnalistik. "Sudah beberapa kali sih ikut pelatihan, terakhir sebelum di Tribun Manado pernah juga pada Juni lalu di kantor Tempo," ujar Yohanna.

Bagi Yohanna, membekali diri dengan ikut pelatihan jurnalistik selain menunjang pekerjaannya, juga semakin menambah pengetahuan. "Yang penting teknik dan dasar-dasar jurnalistik saya ketahui," ucapnya.

Meski sudah beberapa kali ikut pelatihan, menjalani pelatihan di Tribun Manado, menurutnya, begitu berkesan. "Fasilitatornya luar biasa, bukan hanya memberikan materi, tetapi mampu membuat teman-teman berpikir kritis dan semakin mengasah kemampuan. Kami yang ikut begitu antusias," ujarnya.

Lalu adakah kemungkinan dia berganti profesi jadi wartawan? "Saya sih masih ingin mengembangkan lebih dahulu kemampuan saya tentang jurnalistik," ungkapnya.

Wanita berkulit kuning langsat ini menilai jadi wartawan itu ternyata susah. "Bagi saya sih jadi seorang wartawan itu susah. Selain setiap waktu harus cari berita, wartawan juga harus bisa membuat analisa sehingga berita itu jadi menarik," tutur dia.(david kusuma)


Sumber: Tribun Manado 11 Juli 2013 hal 9
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes