Karena Bapak Orangnya Setia...

Vicky Lumentut dan istri (beritakawanua)
Paula sontak  tertawa ketika ditanya siapakah Vicky Lumentut? Maklumlah, pria itu telah mengisi hidupnya hampir seperempat abad dalam suka dan duka.
PAULA bangun lebih awal hari Jumat (8/6/2012) sebab dia harus menemani suaminya Vicky Lumentut merayakan ulang tahunnya ke-53 dengan cara yang khas. Hari Jumat 8 Juni 2012, Vicky merayakan hari jadinya  bersama para penyapu jalan di Lapangan Tikala Manado. Pasangan bahagia ini pun kaget lantaran di sana hadir pula Wakil Wali Kota Manado Harley Mangindaan bersama sang istri serta beberapa pejabat pemerintah kota lainnya.

Kebiasaan bangun pagi merupakan salah satu yang dibanggakan Paula Lumentut Runtuwene dari sosok suaminya. Sejak pertama kali mengenal Vicky, Paula tahu bahwa pria itu memang disiplin. Hanya Paula tak pernah menyangka lelaki kemudian menjadi suaminya itu suatu ketika terpilih menjadi Wali Kota Manado.
"Saat menikah bapak sudah Pegawai Negeri Sipil (PNS) di biro pembangunan. Sedangkan saya belum apa-apa, baru lulus kuliah," ujarnya sambil tertawa saat ditemui Tribun Manado di sela-sela acara perayaan ulang tahun Vicky.

Hari-hari membangun bahtera rumah tangga dilalui Vicky-Paula dalam suka dan cuka. Dari seorang pegawai negeri biasa sampai menjadi wali kota, biduk rumah tangga mereka tetap rukun di tengah gelombang kehidupan. Paula mengatakan kuncinya  pada kesetiaan.

"Kami akan merayakan pesta perak perkawinan tanggal 20 Juni 2012 nanti. Saya percaya keberhasilan mempertahankan perkawinan karena bapak orangnya setia," katanya. Paula tidak menampik kegantengan wajah suaminya. Tapi hal itu tidak digunakan secara salah oleh ketua APEKSI 2012-2016 itu. Selain kesetian, yang membuat kagum Paula ialah kasih yang besar diberikan Vicky kepada dia dan anak- anaknya. "Bapak sangat memperhatikan kami," ungkapnya.

Kasih itulah yang membuat anak-anak buah kasih mereka tumbuh dan berkembang dengan baik. Menurut Paula, anak pertama mereka Grace Lumentut sudah mendapatkan gelar sarjana kedokteran. "Kalau Christo sudah kuliah di Universitas Pelita Harapan (UPH) Semester dua Fakultas Informatika,"tuturnya. Dua anak mereka yang lain yaitu Adelina Lumentut sekarang kelas VII di SMP Eben Haezar Manado. Sedangkan Glen Lumentut masih kelas 4 SD.

Sosok Vicky di mata Paula juga merupakan teladan bagi keluarga. Vicky yang dikenal pertama kali enam tahun sebelum pernikahan itu mengajarkan rasa takut kepada Tuhan. "Bapak selalu mengajak kami untuk beribadah,"tuturnya.

Paula percaya Tuhan yang menjaga kelanggengan rumah tangga mereka sampai saat ini. Piala Adipura dan sejumlah prestasi lain yang didapatkan kota Manado menurut Paula juga merupakan pemberian Tuhan. Itu hasil kerja keras suami beserta jajaran dan warga Manado. "Ada juga pengorbanan di dalamnya,"katanya.
Saat ulang tahunnya kemarin Vicky secara pribadi memberikan sumbangan kepada  para penyapu jalan. Perayaan ulang tahun juga diisi dengan makan tinutuan bersama.

Perayaan sederhana tapi memiliki makna mendalam. Penyapu jalan  langsung menyanyikan lagu Selamat Ulang Tahun walaupun Vicky belum selesai menyampaikan  sambutan. Suatu penyambutan luar biasa bagi wali kota. Ini juga yang membanggakan Paula. Selamat Ulang Tahun Pak Vicky. (david manewus)

Sumber: Tribun Manado 9 Juni 2012 hal 1

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes