Neymar: Kami Mesti Tetap Membumi

Neymar
BISA saja legenda itu benar mengawalinya di sini di Rio de Janeiro.  Bintang baru Brasil Neymar disebut "Pele berikutnya" setelah melalukan debutnya untuk timnas Brasil pada 2010 di East Rutherford, New Jersey, Amerika Serikat.

Tak perlu berkata-kata lagi, pemuda bernama asli Neymar da Silva Santos Junior ini mencetak gol, dan di negara yang selalu mendamba pahlawan sepakbola, kemunculannya membangkitkan harapan pahlawan itu telah hadir.

"Kami bermain lebih baik dari yang dikira sebelumnya," kata Neymar setelah laga final Piala Konfederasi yang menghancurkan juara dunia Spanyol 3-0, Minggu 30 Juni 2013.

"Saya sungguh senang. Kami telah membuat banyak orang bahagia, tetapi kami mesti tetap membumi," kata sang bintang seperti dikutip AFP.

Mengikuti jejak Pele mungkin terlalu berlebihan.  Satu hal yang tak mungkin dilakukan Neymar adalah menjuarai Piala Dunia pada usia 17 tahun yang justru dilakukan Pele.  Pada usia ini Neymar barulah bergabung dengan Santos, klub lama Pele.

Dia juga tidak berhasil membawa timnya menjuarai Olimpide London tahun lalu.

Namun Minggu waktu setempat atau Senin dini hari (1/7/2013) Wita, bintang muda yang lahir di Mogo Das Cruzes, Sao Paulo, itu akhirnya dikalungi medali juara turnamen internasional setelah penampilan mencorongnya melawan Spanyol di mana dia sendiri mencetak satu gol di babak pertama sebelum melakukan manuver elok sekali yang membuat Fred bisa menggenapkan kemenangan Brasil.

Cara pesepakbola berusia 21 tahun itu dalam membongkar pertahanan Spanyol menunjukkan bahwa bakat muda ini memiliki kepercayaan diri yang setidaknya mengingatkan orang kepada Pele.

Pemuda ini sendiri bilang sebelum turnamen dimulai bahwa skuad Brasil sekarang tak terlalu baik untuk menjadi juara, namun dengan bakatnya yang luar biasa Selecao malah kini diperhitungkan lagi sebagai favorit juara pada Piala Dunia tahun depan.

Sebelum itu dia akan menjalani akademi yang keras di La Liga bersama Barcelona di mana dia akan berdampingan dengam Lionel Messi sebagai pasangannya, dan jika sukses bertandem maka mereka berdua akan menakutkan siapapun di Spanyol dan Eropa.

Kendati sempat disebut temperamental di awal karirnya dan cengeng karena gampang menjatuhkan diri seperti dikritik pemain Uruguay Diego Lugano, Neymar tumbuh dewasa dengan cepat dan dalam dua pekan terakhir tampil sebagai playmaker yang mempesona.

Dia tiba di turnamen ini dengan tak pernah membuat gol pada sembilan pertandingan terakhirnya namun kemudian dialah yang mengirim finis mengagumkan yang membuka kemenangan 3-0 Brasil pada tiga menit babak pertama saat menghadapi Jepang di Brasilia.

Gol dia lainnya dan satu assist diciptakannya kala melawan Meksiko, lalu sebuah tendangan bebas mempesona berbuah gol saat melawan Italia.

Kecocokannya dengan penyerang tengah Fred yang menjadi kesayangan pelatih Luiz Felipe Scolari telah menghasilkan buah yang manis.

Namun, hidup menjadi lebih sulit bagi Neymar ketika laga semifinal melawan Uruguay, tetapi Fred dan Paulinho mengambilalih tanggungjawabnya menciptakan gol hari itu.  Lalu kala melawan Spanyol, Neymar dan Fred berbagi gol dengan luar biasa.

Dia memperdaya para pemain hebat seperti Andres Iniesta dan Xavi yang akan menjadi rekannya di Nou Camp musim nanti.

"Saya sangat menghormati dan mengagumi mereka. Namun hari ini saya mewakili negara dan keluarga saya serta mesti memberi mereka kesulitan!"

Neymar mengatakan membintangi La Liga akan membawanya ke level yang lebih tinggi.

"Saya akan bergabung dengan salah satu klub terbesar di dunia.  Saya harap bisa beradaptasi secepat mungkin, dan tahun depan saya bisa mengalami Piala Dunia yang hebat," kata Neymar.

Neymar malu-malu mengutarakan perasaannya kepada para demonstran yang menggelar protes di Brasil dan berada di luar Stadion Maracana ketika timnasnya menghadapi Spanyol.

"Sulit membicarakan perkelahian di luar sana, itu buruk dan orang bisa terluka. Perayaan untuk yang berada di dalam stadion," kata Pesepakbola Terbaik Amerika Selatan 2011 ini.

Namun terbang tinggi kariernya bahkan membuat majalah olahraga AS Sports Pro mengangkatnya sebagai calon bintang olahraga terbesar yang bisa melampaui Messi dan pegolf Rory McLlroy.

"Penghargaan itu hanya bagian dari kerja. Itu menuntut tanggung jawab, namun memang menyenangkan," kata Neymar menyangkut klaim Sports Pro tersebut.

Sumber: ANTARANews
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes