Manggarai Timur Coblos Hari Ini

SEBANYAK 140.227 pemilih di Manggarai Timur (Matim) yang tersebar di enam kecamatan, hari ini, Kamis (30/10/2008), mencoblos di 437 TPS (tempat pemungutan suara). Satu dari tujuh paket calon bakal terpilih untuk menjadi bupati pertama di kabupaten baru itu lima tahun ke depan.

Ketujuh paket calon itu adalah Roman Ndau Lendong-Eufrasia Theodora Turut-Rengka; Nahas Martinus-Jerau Ferdiandus; David Sutarto-Agustinus Liontas; Sabinus Suardi-Galus Ganggus; Yoseh Biron Aoer-Gorgonius Bajang; Petrus Katas-Junaidin Zakaria; dan Yoseph Tote-Agas Andreas.

Penjabat Bupati Manggarai Timur, Frans BP Leokyang dihubungi Pos Kupang melalui ponselnya, Rabu (29/10/2008), meminta warga yang berhak memilih agar menggunakan haknya dengan memilih paket calon sesuai suara hatinya. Sebab, katanya, kualitas demokrasi ditentukan oleh bagaimana masyarakat secara bebas memilih pemimpinnya.

Dikatakannya, ketujuh pasangan calon tersebut adalah putera Manggarai Timur yang baik dan memiliki kapasitas dalam memimpin. Semua mereka, katanya, berkomitmen untuk membangun Manggarai Timur ke arah yang lebih baik. Karena itu masyarakat dipersilahkan memilih pasangan calon yang dinilai paling layak memimpin Manggarai Timur.

Masyarakat, kata dia, juga diharapkan menjaga situasi agar tetap kondusif, damai dan penuh kekeluargaan. Siapa pun yang terpilih nanti, katanya, adalah yang terbaik sesuai kehendak rakyat dan semua harus menerimanya.

Perbedaan pilihan, demikian Leok, adalah wajar dalam dinamika demokrasi. Karena itu masyarakat harus ikut menjaga agar proses pemungutan suara, perhitungan sampai pleno penetapan pasangan terpilih berlangsung dengan damai.Padlu Leok, meminta kepada PNS untuk tetap netral karena dapat merusak citra PNS itu sendiri. (lyn)

Komentar Paket
1. Paket Romansa (Romanus Ndau Lendong - Theodora Eufrasia Rengka)
Sudah dihubungi tapi tidak memberi jawaban. (lyn)

2. Paket Maju (Drs. Nahas Martinus - Drs. Jerau Ferdinandus)
Target merebut 36 persen suara. Kami yakin bisa mendulang suara dan merebut kemenangan. Target itu lahir dari fakta selama kami jalan keliling Manggarai Timur. Rakyat Manggarai Timur membutuhkan spiritualitas kepemimpinan yang sungguh memihak rakyat. Paket Maju sungguh menyapa masyarakat. (lyn)

3. Paket Virgo (David Sutarto, ST-Drs. Agustinus Liontas)
Yohanes Rumat, Tim Sukses paket Virgo. Virgo tidak punya target, tetapi jika menang merupakan kemenangan petani dan nelayan. Kami percaya suara mereka adalah suara Tuhan. Tuhan menuntun mereka untuk memilih pemimpin yang tepat. Virgo adalah paketnya petani dan nelayan. (lyn)

4. Paket Salus (Drs. Sabinus Suardi - Galus Ganggus, SPd)
Rofino Kant, anggota Tim Sukses Salus. Target Salus merebut 30 persen sampai 40 persen suara. Suara Salus diperoleh dari Lamba Leda, Sambi Rampas, Elar, Borong dan Poco Ranaka. (lyn)

5. Paket ABBA (Yoseph Biron Aoer, S.Sos - Ir. Gorgonius D Bajang)
Willy Nurdin, Ketua Tim Sukses ABBA. Paket Abba meraih 40 persen suara dari semua wilayah kecamatan. ABBA target menang karena simpati masyarakat sangat besar. Kemenangan ABBA adalah kemenangan seluruh rakyat Manggarai Timur. ABBA adalah sosok pemimpin yang tepat memimpin Manggarai Timur. (lyn)


6. Paket Pijar (Drs. Katas Petrus - Dr. Junaidin Zakaria)
Paket Pijar tidak punya ambisi. Jika rakyat menghendaki dan Pijar menang, semuanya itu karena campur tangan dan suara Tuhan sendiri. (lyn)

7. Paket Yoga (Drs. Yoseph Tote, M.Si-Agas Andreas, S.H.M.Hum)
Cosmas Djalang, anggota Tim Sukses Yoga. Paket Yoga target menang dan kemenangan Yoga adalah kemenangan rakyat Manggarai Timur. Yoga percaya pada kehendak Ilahi. Tuhan menggerakan hati rakyat untuk menghantar Yoga memimpin Manggarai Timur lima tahun ke depan. (lyn)

Pilkada Manggarai Timur
---------------------------------------------------------------------------------------
Kecamatan Desa/Kelurahan Jumlah TPS Jumlah pemilih Total
Laki-Laki Perempuan
---------------------------------------------------------------------------------------
Elar 21 60 8.561 8.658 17.219
Borong 21 91 14.592 16.293 30.885
Poco Ranaka 28 96 15.296 16.636 31.932
Lamba Leda 16 58 8.307 9.094 17.401
Kota Komba 17 82 13.397 13.924 27.321
Sambi Rampas 11 50 7.594 7.875 15.469
---------------------------------------------------------------------------------------
Jumlah 114 437 67.747 72.480 140.227
---------------------------------------------------------------------------------------
Sumber: KPUD Manggarai Timur

Pos Kupang edisi Kamis, 30 Oktober 2008 halaman 1, http://www.pos-kupang.com
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes