Salus Stabilkan Harga Komoditi

BORONG, PK -- Pasangan Drs. Sabinus Suardi - Galus Ganggus, S.Pd (paket Salus) bertekad menstabilkan harga komoditi dengan membentuk jaringan pemasaran mulai dari desa sampai di pusat. Paket Salus juga berencana membangun pelabuhan container untuk mendistribusikan hasil komoditi milik petani. Hal itu dilakukan jika masyarakat mempercayai keduanya memimpin Kabupaten Manggarai Timur lima tahun ke depan (2008-2013).

"Hanya dengan menciptakan stabilisasi harga, petani terhindar dari monopoli pasar dan harga komoditi milik petani dapat meningkat," kata Sabinus Suardi saat berkampanye di lapangan bola kaki Ndora, Borong, Kamis (23/10/2008).

Di hadapan seribu pendukung dan simpatisan paket Salus, Sabinus menjelaskan, setelah melakukan kunjungan dan menyaksikan seluruh wilayah Manggarai Timur, dia mendapatkan fakta yang memprihatinkan. Masyarakat Manggarai Timur masih dililit kemiskinan. Beberapa sektor kehidupan masyarakat, termasuk persediaan sarana dan prasarana, tidak memadai. Selain itu komoditi masyarakat dihargai dengan nilai jual yang sangat rendah.

Oleh karena itu, lanjut Sabinus, jika masyarakat Manggarai Timur mempercayakan paket Salus memimpin, maka dia akan melakukan gerakan pro rakyat. Gerakan itu antara lain memperbaiki harga komoditi masyarakat, sertifikasi tanah produktif, persediaan air minum bersih dan mendirikan koperasi berbadan hukum serta memudahkan pengurusan akta dan KTP bagi masyarakat.

Selain itu, paket Salus akan membangun basis masyarakat dalam rangka meningkatkan hasil produksi melalui pelatihan dan persediaan sarana pemasaran melalui jaringan yang kuat.
Dikatakannya, pengalaman selama 20 tahun bekerja di perusahaan asing dan mendampingi 5.000 masyarakat miskin di Jakarta akan diterapkan secara optimal kepada masyarakat Manggarai Timur. Panggilan untuk mengabdi masyarakat Manggarai Timur, katanya, semata-mata karena komitmen dan keprihatinan untuk memperbaiki derajat hidup manusia Manggarai Timur.

Galus Ganggus mengatakan, selain program-program andalan, paket Salus juga memiliki program spesifik, terutama menyiapkan sarana perpustakaan dalam rangka meningkatkan SDM. Pola yang dipakai adalah menyiapkan buku-buku bacaan, latihan peningkatan pengetahuan dalam mengelola hasil produksi, baik proses pemeliharaan dan perawatan, panen maupun pascapanen. "Salah satu poin penting adalah gerakan ekonomi pemberdayaan masyarakat miskin," katanya.

Ditambahkannya, semua strategi pembangunan selalu bermuara pada budaya agar nilai-nilai positif itu tetap lestari bagi seluruh generasi masyarakat Manggarai Timur. Karena itu, perbaikan pola pendidikan harus dimulai dari rumah tangga, masyarakat dan pendidikan formal.

Ganggus mengatakan, paket Salus berniat maju dalam Pilkada karena panggilan untuk mensejaterahkan masyarakat Manggarai Timur. (lyn)

Pos Kupang edisi Jumat, 24 Oktober 2008 halaman 8 http://www.pos-kupang.com/
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes