Gemar Menang di Kakulukmesak

ATAMBUA, PK -- Memperoleh dukungan 4.291 suara sah di Kecamatan Kakuluk Mesak, pasangan calon Gregorius Mau Bili-Berchmans Mau Bria (paket Gemar), menang di kecamatan itu. Posisi kedua ditempati paket Jalin (Joachim Lopez-Ludovikus Taolin) yang memperoleh 1.966 suara.

Dua paket calon lainnya, Petrus Bria Seran-Damianus Talok (Paket Brita) memperoleh 934 suara dan Ose Luan- Falentinus Parera (paket Sera) meraih 831 suara.
Demikian hasil pleno PPK Kakulukmesak, Jumat (24/10/2008), yang berlangsung di kantor camat setempat.

Total suara sah di kecamatan ini 8.022 surat suara, tidak sah sebanyak 388 surat suara. Dengan demikian pemilih di kecamatan ini yang menggunakan hak pilihnya dalam Pilkada Belu sebanyak 8.410 orang. Daftar pemilih tetap (DPT) di kecamatan ini 12.011 orang sehingga jumlah pemilih yang tidak mencoblos sebanyak 3.601 orang (30 persen).

Disaksikan Pos Kupang, pleno PPK Kakulukmesak dihadiri camat setempat, Vinsen Kapu, Ketua PPK, Weke Kornelis, anggota PPK, Alcino do Santos, pimpinan musyawarah kecamatan, para ketua PPS dan anggota, kepala desa dan para saksi pasangan calon. Pleno digelar pukul 10.00 Wita yang diawali dengan sekapur sirih dari ketua PPK.

Rekapitulasi perhitungan suara dilakukan berturut-turut dari Desa Kabuna, Desa Fatuketi, Leosama, Dualaos, Jenilu dan Kenebibi.

Petugas PPK, Alcino do Santos, sebelum menyampaikan secara terbuka hasil perhitungan suara dari PPS, kepada peserta pleno menunjukkan kotak suara yang disegel rapi. Setelah itu dibuka kotak suaranya lalu kertas suara ditempelkan pada papan kemudian diumumkan secara terbuka kepada peserta pleno. Satu persatu dibuka yang diawali dengan kotak dari desa Desa Kabuna dimana total suara dari tujuh TPS total perolehan suara untuk pasangan Gemar, 1.431 suara, Sera 189 suara, Brita 214 suara dan Jalin 243. Desa Fatuketi dari dua TPS, Gemar memperoleh 290 suara, Sera 110, Brita 167 dan Jalin 350. Desa Leosama dari dua TPS, Gemar 412 suara, Sera 83, Brita 42 dan Jalin 117. Desa Dualaos dari lima TPS, Gemar memperoleh 775 suara, Sera 225, Brita 171 dan Jalin 483. Desa Jenilu dari 4 TPS, Gemar 458 suara, Sera 66, Brita 171 dan Jalin 628. Desa Kenebibi dari 4 TPS, Gemar memperoleh 925 suara, Sera 158, Brita 169 dan Jalin 145.

Seusai pleno PPK, Ketua PPK Kecamatan Kakulukmesak, Weke Kornelis didampingi Alcino do Santos menjelaskan, secara umum seluruh proses pleno hasil perhitungan suara dari masing-masing paket berjalan aman dan lancar. Seluruh peserta menyaksikan langsung seluruh proses tanpa ditutup-tutupi. Selanjutnya hasil pleno akan disampaikan ke KPUD Belu.

Camat Kakulukmesak, Vinsen Kapu mengatakan, seluruh proses Pilkada di kecamatan itu berlangsung lancar dan sukses. "Saya juga perlu sampaikan bahwa tidak benar di Kakulukmesak ada penggelembungan suara untuk paket tertentu. Hasil perhitungan suara di tingkat PPS baru kita plenokan ini dan hasilnya sudah disampaikan secara terbuka kepada semua yang hadir di rapat pleno," jelas Kapu.

Brita Unggul di Malbar
Sementara itu Camat Malaka Barat, Remigius Asa, S.H yang dihubungi melalui telepon dari Atambua ke Besikama, kemarin, mengatakan bahwa pleno PPK Malaka Barat sudah dilaksanakan Kamis (23/10/2008). Pleno dihadiri para petugas PPS dan para saksi dari empat paket calon.

Dari 28 TPS di Malaka Barat, katanya, jumlah pemilih sesuai DPT sebanyak 13.251 orang dimana yang ikut coblos 10.172 orang dengan suara sah 9.987 dan suara tidak sah 185 kertas suara. Dari jumlah suara sah tersebut, paket Gemar memperoleh 1.060 suara, paket Sera 908 suara, paket Brita 5.256 suara dan paket Jalin 2.763 suara. Hasil pleno PPK tersebut, kata camat, sudah diantar ke KPUD Belu, kemarin.

Pengamat hukum, Bernando Seran, S.H, MH kepada Pos Kupang, kemarin, mengatakan, dalam perhitungan suara KPUD Belu hendaknya berpegang teguh aturan sehingga tidak meresahkan masyarakat. Dia juga meminta KPUD ransparan agar ada kontrol dari masyarakat.

"Selain itu KPUD harus tetap menjaga independensinya agar tidak ada intervensi pihak lain dalam pengambilan keputusan," tegas Bernando Seran.

Ketua KPUD Belu, A Martin Bara Lay, S.H, mengatakan, saat ini KPUD belum mengumumkan secara resmi hasil perolehan suara dari masing-masing paket calon. Sebab, rekapitulasi perolehan suara masih diplenokan di tingkat PPK. Hasil pleno dari PPK masih harus diplenokan lagi di KPUD tanggal 27-28 Oktober 2008. Setelah itu baru diumumkan.

"KPUD masih menunggu hasil pleno di tingkat PPK. Hasil perhitungan cepat yang pernah kami tayangkan sebelumnya bukan data final. Data resminya baru bisa diketahui pada pleno KPUD sesuai jadwal. Jadi hasil sementara yang pernah dipublikasikan media massa itu untuk memenuhi keingintahuan warga yang mengikuti setiap saat. Jadi sekali lagi saya sampaikan bahwa data resmi soal hasil perhitungan suara pasangan calon itu akan kita umumkan nanti sesuai jadwal," jelasnya. (yon/amy)

Pos Kupang edisi Sabtu, 25 Oktober 2008 halaman 1, http://www.pos-kupang.com
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes