Paul Mella Pimpin Sementara di TTS

SOE, PK -- Hasil pemungutan suara Pilkada Timor Tengah Selatan, Kamis (23/10/2008), pasangan Paul Victor R Mella-Benny A Litelnoni (paket Medali), untuk sementara memimpin perolehan suara. Sampai pukul 21.30 Wita semalam, pasangan ini sudah memperoleh 30.805 suara dari total suara sah yang sudah direkap sebanyak 93.939.

Di tempat kedua, paket calon Daniel A Banunaek- Alexander Nakamnanu (Damai) menempel cukup ketat dengan perolehan suara mencapai 25.849 suara, terpaut 4.956 suara dengan Medali.

Sementara itu paket Globe (Pieter R Lobo-Godlief E Tobe) sudah memperoleh 17.554 suara, paket Jhonthom (Johanes Oematan-Thomas Lakapu) meraih 15.917 suara dan pasangan Jetcar (Junus Elias Tahun-Carolus Nubatonis) baru mendapat 3.814 suara.

Demikian data yang diperoleh Pos Kupang di Sekretariat KPUD TTS pukul 21.30 Wita, semalam. Data tersebut berdasarkan rekapan dari 15 PPK yang sudah mengirimkan ke KPUD TTS.

"Total suara sah yang masuk ke KPUD TTS sudah mencapai 93.939 suara. Bila dikurangkan dengan daftar pemilih tetap maka sisa suara yang belum masuk mencapai 157.357. Data yang berupa perolehan suara itu dikirimkan PPK melalui telepon ataupun SMS ke KPUD TTS," kata Ketua Pokja Pilkada TTS, Imanuel Lakapu kepada wartawan di ruang kerjanya, semalam.
Menurutnya, KPUD TTS akan tetap menerima laporan perolehan suara dari berbagai kecamatan yang belum melapor. Jumlah PPK yang belum melapor perolehan suara sementara mencapai 17 dari 32 kecamatan yang ada di TTS.

Sementara itu pantuan penghitungan sementara di wilayah Kota SoE, pasangan Paul Victor R Mella dan Benny Litelnoni memenangkan perolehan suara di empat TPS. Di TPS 1 Kelurahan SoE, tempat Daniel Banunaek mencoblos, Medali unggul dengan 78 suara. Di TPS ini paket Damai memperoleh 69 suara.

Di TPS 5 Kelurahan Nonohonis, tempat calon wabup dari Paket Jhontom, Thomas Lakapu mencoblos, Medali unggul dengan 126 suara, sedangkan Jhonthom hanya memperoleh 80 suara.

Nasib serupa dialami paket Globe di TPS II Desa Kesetnana, Kecamatan Mollo Selatan, tempat calon bupati, Drs. Pieter R Lobo mencoblos. Di TPS itu, Globe harus mengakui keunggulan paket Medali yang memperoleh 241 suara. Sedangkan paket Globe hanya kebagian 29 suara.

Paket Jetcar juga kalah di TPS 3 Kelurahan Taubneno, Kota SoE, tempat calon bupatinya, Drs. Junus Elias Tahun mencoblos. Di TPS itu, Jetcar hanya meraih 63 suara, kalah dari paket Medali yang mampu mendulang 108 suara.

Pantauan Pos Kupang di sejumlah TPS, kemarin, sejak pagi pemilih sudah mendatangi TPS untuk mencoblos. PPS baru memulai pencoblosan pukul 07.00 Wita. Tidak ada kekurangan logistik di TPS yang dipantau. Warga yang datang ke TPS terlihat sabar mengantre untuk mendapatkan giliran mencoblos.

Di TPS tiga Nifuhuki, Desa Kesetnana, Kecamatan Mollo Selatan, puluhan warga berdesakan memenuhi kursi tunggu untuk menunggu panggilan dari petugas PPS. Tak beda dengan situasi di empat TPS di Kecamatan Kota SoE yakni TPS satu, Kelurahan SoE, TPS lima, Kelurahan Nonohonis, TPS tiga, Kelurahan Taubneno, dan TPS tiga di Kelurahan Kota Baru.

Sejak proses pemungutan suara di mulai, jalan protokol seperti Jalan Diponegoro, Jalan Soekarno, Jalan El Tari, Jalan Basuki Rahmat, Jalan Gajah Mada, Jalan Soeharto, Jalan Hayam Wuruk dan Jalan Dewi Sartika di SoE, terlihat lengang. Sama halnya dengan situasi di Pasar Inpres SoE.

Toko-toko di sepanjang Jalan Diponegoro, Jalan Hayam Wuruk, Jalan Soeharto, Jalan Gadjah Mada serta ruko di dalam Pasar Inpres terlihat ditutup. Aktifitas pasar dan deru kendaraan bermotor baru mulai terlihat setelah pukul 10.00 Wita.

Sesuai jadwal, penghitungan suara di TPS dimulai pukul 13.00 Wita. Untuk diketahui, jumlah TPS di wilayah Kota SoE sebanyak 54 tempat dengan pemilih mencapai 23.346 orang. Berdasarkan daftar pemilih tetap, Kota SoE memiliki pemilih terbanyak disusul Kecamatan Amanuban Selatan dengan jumlah pemilih, 13.052 orang dan Kecamatan Mollo Utara, 12.846 jiwa.

Suasana secara keseluruhan selama proses pemungutan suara dan perhitungan suara berlangsung aman. (aly)

Pos Kupang edisi Jumat, 24 Oktober 2008 halaman 1, http://www.pos-kupang.com
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes