Pilkada Belu: Panwas Tidak Temukan Pelanggaran

ATAMBUA, PK -- Ketua Panitia Pengawas (Panwas) Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) Belu, Valens Parera mengatakan, pada tahapan pleno rekapitulasi perolehan suara di tingkat PPK, Panwas tidak menemukan pelanggaran.

"Kami sempat mendapat informasi lewat telepon bahwa ada paket tertentu yang ke lokasi jemput hasil pleno PPK. Tapi begitu ditanya dimana lokasi, kapan, tidak disebutkan. Makanya kami kesulitan untuk melacak informasi seperti itu," Parera.

Meski begitu, katanya, Panwas akan terus memantau soal kemungkinan adanya pelanggaran. Pihaknya juga meminta kepada masyarakat Belu untuk bersabar menunggu hasil pleno KPUD Belu mengenai hasil final Pilkada Belu.

"Panwas sendiri belum tahu apakah Pilkada Belu ini satu putaran saja atau dua putaran. Panwas masih menunggu pleno di PPK dan selanjutnya pleno di KPUD," katanya.

Hasil pleno perhitungan suara di PPK Tasifeto Timur (Tastim), Sabtu (25/10/2008), memperlihatkan pasangan Gregorius Mau Bili-Berchmans Mau Bria (paket Gemar) memperoleh 4.297 suara, pasangan JT Ose Luan-Falentinus Parera (paket Sera) meraih 2.614 suara, pasangan Joachim Lopez-Ludovikus Taolin (paket Jalin) mendapat 1.593 suara dan paket Brita (Petrus Bria Seran-Damianus Talok) kebagian 884 suara. Total pemilih yang terdaftar sebanyak 11.847 pemilih sementara yang menggunakan hak suara sebanyak 9.662 pemilih, yang tidak menggunakan hak suara 2.185 pemilih. Total suara sah 9.370 suara dan suara tidak sah sebanyak 360.

Disaksikan Pos Kupang, pleno PPK diselenggarakan di aula kantor Camat Tastim di Wedomu sekitar pukul 10.00 Wita. Pleno dipimpin Ketua PPK setempat, Benediktus Bria, didampingi anggotanya, Mateus Mau Letto, Bernadetha Siba dan Gabriel Lau. Hadir pula Kapolsek setempat, Aiptu Mus Panie, Camat, Marsel Maumeta, para saksi empat paket calon, para ketua dan anggota PPS serta undangan lainnya.

Hasil pleno perhitungan suara di PPK tersebut diterima oleh semua PPS dan para saksi dari empat paket calon yang hadir dalam rapat pleno tersebut.

Camat Tasifeto Timur, Marsel Maumeta mengatakan, secara keseluruhan proses pencoblosan di wilayahnya berjalan aman dan sukses. Tingkat partisipasi masyarakat untuk mengikuti pilkada ini cukup bagus yakni 82 persen sementara kekeliruan mencoblos 12 persen.

"Hasilnya sudah diplenolan oleh PPK dan hasil pleno PPK segera dibawa ke KPUD di Atambua," katanya. (yon)

Pos Kupang edisi Minggu, 26 Oktober 2008 halaman 1, http://www.pos-kupang.com
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes