4 Paket di Matim Janji Sejahterakan Warga

BORONG, PK -- Empat pasang calon, Drs. Yoseph Tote, M.Si-Agas Andreas, S.H. M.Hum (paket Yoga), Petrus Katas-Junaidin Sakaria (paket Pijar), Drs. Nahas Martinus dan Drs. Jerau Ferdinandus (paket Maju) serta pasangan Romanus N Lendong- Turut Theodora Eufrasia Rengka (paket Romansa), bertekad mensejahterakan masyarakat jika di antara mereka terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati Manggarai Timur. Keempat paket mengatakan hal ini saat tampil berkampanye pada tempat dan waktu yang berbeda, Senin - Selasa (20- 21/10/2008).

Ketika berkampanye di Lonto, Kecamatan Poco Ranaka, Senin lalu, paket Yoga mengatakan, untuk membawa kesejahteraan bagi masyarakat, pihaknya menyediakan infrastruktur yang memadai dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat. Selain itu, mengoptimalkan semua potensi daerah, menggerakkan semua instrumen pembangunan daerah.

"Dalam rasa kebersamaan kita mampu membawa perubahan dan cita-cita bersama menuju kesejahteraan," kata Yoseph Tote.
Dikatakannya, paket Yoga juga akan mengalokasikan anggaran untuk belanja publik lebih besar daripada belanja aparatur.

"Spiritualitas kepempimpinan kami adalah masyarakat sejahtera dalam semua sektor. Pemenuhan kebutuhan dasar baik ekonomi, pendidikan, kesehatan dan aspek lainnya berjalan secara baik," katanya.

Pasangan calon Petrus Katas-Junaidin Sakaria (paket Pijar) mengatakan, untuk mewujudkan kesejahteraan, masyarakat diberi ruang untuk dilibatkan dan terlibat dalam proses pembangunan.

Ketua Tim Koalisi gabungan 12 partai pengusung paket Pijar, Petrus Agut mengatakan, Pijar memiliki obsesi dasar untuk membawa perubahan dan pembaharuan bagi masyarakat. Pijar mengutamakan kemampuan masyarakat dan niat tulus untuk mensejahterakan rakyat.

Pasangan calon Drs. Nahas Martinus dan Drs. Jerau Ferdinandus (paket Maju) menjanjikan pemenuhan hak-hak dasar masyarakat dengan menyiapkan infrastruktur yang memadai. Semua sektor kehidupan akan diperhatikan secara baik.
Di hadapan 5.000-an massa yang hadir di Borong dalam kampanye, Selasa (21/10/1008), Nahas Martinus mengatakan, akan mengembangkan pembangunan yang berkarakter dengan fokus pada lima hal prioritas.

Paket Maju ingin melakukan perubahan dan reformasi melalui fundamen yang kuat sehingga Manggarai Timur bisa sejahtera. Kebijakan kedua adalah menjawabi kebutuhan dan hak dasar melalui infrastruktur yang memadai di seluruh sektor kehidupan masyarakat. Infrastruktur dasar seperti air minum, jalan, listrik, pendidikan, kesehatan dan sarana lainnya menjadi prioritas dalam meretas kehidupan masyarakat menjadi baik.

Hal penting lainnya adalah pengembangan budaya lokal. Nilai-nilai kearifan lokal diangkat ke permukaan agar kekayaan itu menjadi bagian penting dalam pembangunan.
Priorotas pembangunan lain adalah pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas. Sektor SDM sangat penting dalam mempersiapkan masyarakat Manggarai menuju pilihan hidup yang mampu berkompetisi secara sehat dan rasional. SDM dipersiapkan secara memadai dalam menunjang pembangunan daerah.

Sektor lain yang menjadi prioritas adalah pembangunan lingkungan hidup. Lingkungan hidup menjadi isu global yang harus diperhatikan pemerintah dalam menunjang pembangunan.
Ketua paket Maju, Drs. Frans Nahas, mengajak masyarakat dan simpatisan untuk memilih secara cermat pemimpinnya. Maju merupakan paket yang memiliki obsesi membangun Manggarai Timur.

Pasangan Romanus N Lendong- Turut Theodora Eufrasia Rengka (Romansa) yang melaksanakan kompanye di Poco Ranaka menegaskan sebagai orang muda dan energik akan membawa perubahan dan harapan baru. Saat ini Manggarai Timur membutuhkan figur pemimpian yang jujur, energik tanpa utang.

Menurut Lendong, menjadi bupati atau wakil bupati jangan dilihat sebagai suatu hal yang luar biasa. Sebab, jabatan itu sebagai pelayanan kepada masyarakat. Yang terpenting adalah berjuang secara obyektif memihak kepada kepentingan rakyat.
Dikatakannya, Manggarai Timur membutuhkan pemimpin muda yang energik sesuai jiwa muda saat ini yang menginginkan perubahan.

Kedua, perjuangan gender yang selama ini tidak diberi ruang yang cukup untuk mengaktualisasikan diri. Padahal dari sisi pontensi perempuan memiliki kemampuan. Dua hal itu menjadi penting dikedepankan dalam memenangkan pilkada Manggarai Timur. "Orang muda pantas memimpin daerah ini," tegas Lendong. (lyn)

Pos Kupang edisi Rabu, 22 Oktober 2008 halaman 8
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes