Jumlah Pemilih di Ende 156.879 Jiwa

ENDE, PK -- Warga Kabupaten Ende yang memenuhi syarat sebagai pemilih dalam Pilkada sebanyak 156.879 jiwa. Mereka akan menggunakan hak politik dengan mencoblos pada Senin (13/10/2008) di 541 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 20 kecamatan.

Ketua KPU Kabupaten Ende, Fransiskus AR Senda, S.Sos mengatakan hal ini pada acara tatap muka dengan unsur pemerintah, organisasi sosial politik, Panwaslu, pasangan calon bupati dan wakil bupati, tokoh agama, tokoh masyarakat dan unsur lainnya di aula Paroki Onekore-Ende, Selasa (7/10/2008). Acara itu digelar dalam rangka pemantapan pelaksanaan pilkada Kabupaten Ende. Turut hadir Kapolres Ende, AKBP Bambang Sugiarto.

"Jumlah TPS ini tersebar di 213 desa/kelurahan yang ada di 20 kecamatan di Kabupaten Ende. Jumlah pemilih sebanyak 156.879 pemilih ini merupakan peningkatan dari jumlah pemilih peserta pemilu gubernur dan wakil Gubernur NTT sebelumnya yang hanya sebanyak 153 ribu lebih pemilih," papar Senda.

Senda juga menjelaskan tahapan pilkada Ende mulai dari awal sampai dengan pelaksanaan pencoblosan dan perhitungan surat suara. Kamis (9/10/2008) merupakan masa penutupan kampanye.

Dia mengatakan, saat ini di Sekretariat KPUD sedang dilakukan penyortiran surat suara dan diperkirakan akan selesai hari ini, Rabu (8/10/2008). Sedangkan pada tanggal 9 Oktober 2008 KPUD mulai mendistribusi surat suara ke KPPS di tingkat desa/kelurahan.
Senda yakin pendropingan surat suara akan berlangsung aman dan lancar karena dikawal pihak kepolisian dan TNI serta Pol PP. "Kami yakin pelaksanaan pencoblosan akan berlangsung sesuai rencana karena surat suara sudah tiba di KPPS sebelum tanggal 13 Oktober 2008. Kecuali kalau ada pihak-pihak tertentu yang dengan sengaja mau menggagalkan pelaksanaan pilkada Ende, maka surat suara akan terlambat tiba di TPS atau KPPS," katanya.

Senda meminta semua pihak untuk membantu menyukseskan pelaksanaan pilkada dengan tidak berniat menggagalkan pelaksanaan pencoblosan pada tanggal 13 Oktober 2008 nanti sehingga pencoblosan bisa berjalan sesuai harapan masyarakat Ende. (mar)

Pos Kupang edisi Rabu, 8 Oktober 2008 halaman 7
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes