Rakyat Harus Hormati Hasil Pilkada

KALABAHI, PK -- Bupati Alor, Ir. Ans Takalapeta meminta seluruh komponen masyarakat untuk menghormati hasil pilkada Alor yang berlangsung hari ini Kamis (30/10/2008). Siapapun yang terpilih adalah kehendak atau suara rakyat.

Takalapeta mengatakan hal ini saat ditemui di Kadelang, Kelurahan Kalabahi Timur, Kecamatan Teluk Mutiara, ketika bersama unsur Muspida meninjau persiapan Pilkada, Rabu (29/10).

Takalapeta mengatakan, pilkada yang berlangsung saat ini adalah hajatan demokrasi. Oleh karena itu, hendaknya berlangsung damai dan bermartabat. Dia mengharapkan agar semua masyarakat dapat menyukseskannya dengan menciptakan suasana yang kondusif. Dia meminta semua pemilih memberikan suaranya.

Sementara itu mengenai masalah keamanan dalam pelaksanaan pilkada ini, Wakapolres Alor, Kompol M Hari yang saat itu juga ikut memantau, mengatakan, polisi telah siap untuk mengamankan jalannya pelaksanaan pilkada. Polres setempat menyiagakan semua personelnya untuk menjamin keamanan pelaksanaan Pilkada.

"Pokoknya setiap TPS itu ada polisi. Dan untuk tugas pengamanan ini polisi dibantu oleh satuan keamanan lainnya," tandas Hari.

Ketua KPUD Alor, Pdt. Fransis Haan menjelaskan, semua kebutuhan logistik untuk pemungutan suara sudah didistribusikan. Sejauh ini, kata dia, belum ada laporan tentang masalah logistik.

Dalam peninjauan KPUD ke sejumlah TPS, katanya, memang ditemukan beberapa masalah seperti ada pemilih mendapat dua kartu pemilih, tetapi itu sudah langsung diselesaikan oleh PPK dengan menarik salah satu kartunya.

"Ada pemilih yang telah terdaftar, tetapi ketika petugas ke rumahnya mau mengantar undangan dan kartu pemilih, orangnya tidak ada dalam beberapa hari ini," katanya.

Haan juga minta kepada pemilih, apabila namanya telah terdaftar dalam DPT tetapi tidak mendapatkan kartu pemilih dapat menggunakan undangan yang ada langsung ke TPS untuk memberi suara.

Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Alor mengajak seluruh komponen masyarakat untuk mewujudkan Pilkada damai. GMNI mengharapkan semua masyarakat yang memiliki hak politiknya dapat memberi suara pada hari pemungutan suara.
Pada Selasa (28/10/2008), GMNI menggelar aksi simpatik dengan membagikan setangkai bunga mawar kertas di sejumlah tempat strategis. Dalam aksinya, GMNI menyerukan agar pilkada Alor berlangsung aman dan damai.

Sedangkan Gabungan Organisasi Perempuan (GOP) Kabupaten Alor melakukan aksi lain, yakni dengan mendatangi rumah setiap paket calon bupati untuk bertemu dengan calon bupati dan istrinya.

Menurut Ketua GOP Alor, Merry Pulingmahi Gorangmau, kunjungan GOP ini dalam rangka memberikan dukungan secara moril kepada istri calon bupati dan wabup dalam mendampingi suaminya dalam palaksanaan pilkada ini.

GOP juga menitip sejumlah harapan kepada istri calon, apabila paket yang mana yang terpilih maka diharapkan istrinya dapat memainkan peran untuk pemberdayaan perempuan di daerah itu. (oma)

Pos Kupang edisi Kamis, 30 Oktober 2008 halaman 8, http://www.pos-kupang.com
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes