Konco Masih Memimpin di SBD

PASANGAN dr.Kornelis Kodi Mete-Jacob Malo Bulu (Paket Konco) yang diusung Partai Demokrasi Perjuangan (PDIP) semakin jauh meninggalkan pasangan lainnya dalam perolehan suara sementara Pilkada Sumba Barat Daya (SBD).

Dalam perolehan suara sampai hari kedua, pasangan ini memimpin dengan perolehan suara 55.174 suara (46,18 persen) dari surat suara sah yang masuk 119.464, diikuti pasangan Thimotius Langgar, S.H-dr. Marthen M Caley (pasangan Telaten) dengan perolehan suara 31.151 suara (26,07 persen).

Kodi Mete-Malo Bulu menang di lima kecamatan, yakni Kecamatan Wewewa Utara, Wewewa Timur, Kodi, Kodi Utara dan Kecamatan Loura. Sedangkan pasangan Thimotius Langgar, S.H- dr.Marthen M Caley menang di dua kecamatan, yakni Kecamatan Wewewa Barat dan Wewewa Selatan. Satu kecamatan, yakni Kecamatan Kodi Bangedo dimenangkan pasangan Donatus Dita Mete, S.H, M.Hum-Yohanes Ngongo Deta.

Perolehan suara pasangan Konco jauh meninggalkan pasangan lainnya karena di setiap kecamatan yang dimenangkan pasangan ini jumlah perolehan suaranya cukup signifikan. Sementara di kecamatan lain meski kalah tetapi perbedaan jumlah suara dengan paket yang menang sangat tipis.

Keunggulan sementara paket Konco disambut gembira para pendukungnya. Sejak dimulai penghitungan suara di tingkat TPS, Selasa (14/10/2008), para pendukung pasangan ini sudah memadati kediaman dr. Kornelis Kodi Mete di Kecamatan Kodi. Mereka rela meninggalkan pekerjaannya hanya untuk mengikuti perkembangan perolehan suara dari pasangan ini.

Warga masih terus memadati kediaman calon bupati paket ini hingga Rabu (15/10/2008) meski harus berada di bawah guyuran hujan. Beberapa warga mengaku rela meninggalkan rutinitas sehari-hari hanya untuk datang ke kediaman Kodi Mete. Mereka ke rumah Kodi Mete karena ada informasi yang berkembang di masyarakat bahwa pasangan lain perolehan suaranya sudah jauh melampaui paket Konco.

Kornelis Kodi Mete yang ditemui di kediamannya, kemarin siang, menolak memberikan komentar dengan alasan masih menunggu hasil penghitungan KPUD Sumba Timur. Ia mengatakan akan memberikan komentar jika sudah ada hasil penghitungan dari KPUD Sumba Timur.

Pilkada Ende
Dari Ende dilaporkan, KPUD setempat sejak kemarin menghentikan penghitungan suara setelah semua laporan hasil perolehan suara dari semua kecamatan masuk ke KPUD. Anggota KPUD Kabupaten Ende, Djamal Al Hadad, kepada Pos Kupang, kemarin, di Sekretariat KPUD Kabupaten Ende mengatakan bahwa penghitungan perolehan suara Pilkada Kabupaten Ende telah dihentikan karena semua surat suara telah masuk ke KPUD meskipun masih sebatas untuk pelaksanaan penghitungan cepat.

Dikatakannya saat ini tahapan Pilkada Kabupaten Ende memasuki tahap penghitungan manual di tingkat PPK yang ada di 20 kecamatan se-Kabupaten Ende. Sistem perhitungan secara manual pada tingkat kecamatan dilakukan mulai tanggal 15 hingga 17 Oktober. Sedangkan perhitungan secara manual di tingkat KPUD Kabupaten Ende rencananya akan dilakukan pada tanggal 18 hingga 20 Oktober.

"Saat ini konsentrasi KPUD Kabupaten Ende adalah memroses daftar calon anggota legislatif, sedangkan untuk kegiatan Pilkada Kabupaten Ende untuk sementara memasuki masa jedah karena pelaksanaannya di tingkat PPK dan kalau kita mau hitung apa lagi yang akan dihitung, toh semua surat suara sudah masuk ke KPUD Kabupaten Ende," ujarnya. (cha/dea/pet/rom/mar)

Pos Kupang edisi Kamis, 16 Oktober 2008 halaman 1
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes