Paul Mella Unggul Tipis di TTS

SOE, PK -- Sampai hari kedua pasca-pemungutan suara di Timor Tengah Selatan (TTS), 23 Oktober 2008, pasangan calon Paul Victor R Mella-Benny A Litelnoni (paket Medali) unggul tipis atas rival beratnya, Daniel Banunaek-Alexander Nakamnanu (paket Damai).

Hitungan cepat yang direkap KPUD setempat sampai Jumat (24/10/2008) malam, perolehan suara kedua paket ini hanya terpaut 60 suara. Medali memimpin dengan 64.137 suara dan paket Damai menempel ketat dengan 64.077 suara. Di urutan ketiga paket Globe memperoleh 36.319 suara, Jhonthom, 36.096 suara dan Jetcar, 9.266 suara.

Dengan demikian total suara sah sah yang sudah direkap mencapai 209.895 suara. Sementara pemilih tetap Pilkada TTS sesuai DPT (daftar pemilih tetap) berjumlah 251.296 orang. Dikurangi pemilih yang tidak mencoblos dan surat suara tidak sah, maka sisa suara yang diperebutkan masih sekitar 30-an ribu.

Ketua Pokja Pilkada TTS, Imanuel Lakapu kepada wartawan di sekretariat KPUD TTS, semalam, mengatakan data tentang perolehan suara itu masih bersifat sementara.

"Data yang kami umumkan ke publik berdasarkan laporan dari masing-masing penyelenggara pemilu di tingkat kecamatan. Mereka menyampaikan data itu via telpon dan SMS," jelas Lakapu.

Untuk hasil resminya, kata dia, KPUD TTS masih menunggu hasil rapat pleno rekapitulasi perolehan suara di tingkat kecamatan (PPK) yang dijawdwalkan berlangsung Sabtu (25/10/2008) dan Minggu (26/10/2008).
Ditanya apakah dengan hasil sementara itu apakah KPUD TTS sudah bisa memprediksikan Pilkada TTS berlangsung dua putaran, Lakapu mengatakan, pihaknya belum bisa menentukan sikap tentang satu atau dua putaran. Sebab proses perhitungan suara masih berlangsung di tingkat PPK.

Keributan di Panite
Proses penghitungan suara di PPK Amanuban Selatan di Panite, Jumat (24/10/2008), sempat terjadi keributan. John Sakan, saksi paket Medali memergoki dua anggota KPPS TPS Tiga Desa Bena, sedang menggergaji gembok kunci kotak suara yang berada di kantor camat setempat.

Jhon Sakan memergoki anggota KPPS TPS Tiga Desa Bena, Matheos Taek sementara menggergaji gembok kecil yang melilit pada kotak suara TPS Tiga. Menurut Sakan, saat peristiwa berlangsung, Camat Amanuban Selatan, Fredrik Oematan dan dua anggota DPRD TTS dari Fraksi Partai Golkar, Nope Nabuasa dan Zat Tlonaen, juga berada di kantor camat.

"Camat dan dua anggota Dewan itu tidak menegur. Saya yang tegur Taek. Saya ingatkan dia bahwa membuka kotak suara harus di depan para saksi, panwaslu dan polisi, bukan langsung digergaji," tutur Sakan yang menambahkan bahwa di TPS yang kotak suaranya digergaji itu paket Medali menang.

Menurut Sakan, saat dia sedang beradu mulut dengan Taek, datang anggota Polsek Amanuban Selatan mengamankan Taek.

Taek yang dikonfirmasi di lokasi kejadian, mengatakan bahwa dia melakukan itu atas kesepakatan bersama antara ketua KPPS, M Seno dan empat anggota lainnya, Matheos L, Alex, Gibrael Nubatonis dan dia sendiri. Menurut Taek, gembok itu terpaksa digergaji karena kuncinya hilang pada hari Kamis (23/10/2008) malam.
Camat Amanuban Selatan, Fredrik Oematan yang dikonfirmasi, mengatakan bahwa dia sempat memerintahkan agar Gibrael, orang yang pertama kali menggergaji gembok kotak suara itu, keluar dari ruangan. Namun tak disangka masuk lagi salah satu temannya, Matheos Taek yang melakukan hal yang sama.

Oematan mengaku tak langsung menegur dua anggota KPPS masuk lantaran masih sementara menerima dua tamu anggota DPRD TTS, Nope Nabuasa dan Zat Tlonaen.

Tentang pengangkutan empat kotak suara dari Desa Noemuke yang menggunakan mobil dinas camat, Oematan mengatakan hal itu dilakukan lantaran kurangnya dana untuk membawa empat kotak dari TPS Desa Noemuke ke PPK di Panite. Dana untuk pengangkutan empat kotak suara hanya Rp 100.000. Sementara tukang ojek setempat meminta biaya transpor satu kotak suara dibawa ke Panite sebesar Rp 50.000. (aly)

Pos Kupang edisi Sabtu, 25 Oktober 2008 halaman 1, http://www.pos-kupang.com
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes