KPUD Alor Tetapkan 113.036 Pemilih

KALABAHI, PK -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Alor menetapkan 113.036 jiwa yang memiliki hak suara dalam Pilkada Alor. Data jumlah pemilih itu lebih sedikit dari jumlah pemilih versi pemerintah daerah yang terdata sebagai daftar penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) sebanyak 119.000 lebih jiwa.

Juru bicara KPUD Alor, H. Amir Tahir saat ditemui di Sekretariat KPUD di Kalabahi, Sabtu (4/10/2008), menjelaskan, jumlah pemilih yang ditetapkan setelah melewati tahapan verifikasi mulai dari tingkat PPS.

Menurut Tahir, daftar pemilih tetap (DPT) sebenarnya telah ditetapkan pada Jumat (3/10/2008), namun saat itu KPUD menerima informasi dari sejumlah desa di kecamatan Alor Barat Daya tentang banyaknya warga yang belum terdaftar sebagai pemilih dalam rangka pilkada ini. Karena informasi itu, maka KPUD langsung menurunkan petugas ke sejumlah desa tersebut untuk mengecek kebenarannya. "Ternyata informasi itu banyaknya tidak benar," katanya.

Tahir mengatakan, memang di satu-dua wilayah ada warga yang tidak terdaftar. Terhadap mereka, petugas langsung mendata. Tahir menegaskan, data pemilih tidak ada perubahan lagi. Jumlah dari DPT ini yang akan dipakai untuk hari pencoblosan pada tanggal 30 Oktober nanti. Jika dibandingkan dengan jumlah pemilih pada Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur lalu, lebih banyak. Mengalami penambahan sekitar 900 jiwa. Pada Pilkada Gubernur, pemilih di Kabupaten Alor sebanyak 112.000 lebih.

Lebih lanjut Tahir menjelaskan, pelaksanaan kampanye akan dimulai pada tanggal 13 Oktober 2008. KPUD Alor telah menyiapkan empat zona kampanye dengan pembagian wilayah yang representatif dan sesuai dengan jumlah paket calon yang ada. Namun, zona kampanye yang telah dirancang KPUD ini masih akan dibahas bersama tim kampanye dari masing-masing kandidat. Pembahasan tentang kampanye ini termasuk pembagian zona tersebut, telah diagendakan pada Rabu (8/10).

Nanti dalam pembahasan bersama itu baru KPUD Alor menyodorkan rancangan yang ada, dan semuanya tergantung dari peserta rapat yang ada.

Mengenai TPS, Tahir menyebutkan, ada sebanyak 318 TPS yang tersebar di 175 desa/kelurahan di 17 kecamatan yang ada di kabupaten Alor. Jumlah ini telah dimasukkan juga dengan dua TPS khusus yang ada di Kota Kalabahi, yakni TPS di LP Mola dan RSUD Kalabahi. Jumlah TPS ini, jelas Tahir, jumlahnya lebih banyak dari jumlah TPS saat pilkada Gubernur yang hanya 305 TPS. Ini karena penambahannya di sejumlah desa/kelurahan yang jumlah pemilihnya cukup padat, juga bagi sejumlah wilayah di kabupaten ini yang cukup terisolasi.

"Prinsipnya kita belajar pengalaman pilkada gubernur kali lalu. Kekurangan-kekurangan yang ada, kita benahi agar pelaksanaan pilkada bupati dan wabup dapat berjalan dengan aman, lancar dan sukses," ujar Tahir.

Menyinggung logistik, Tahir menegaskan, KPUD Alor menjamin tidak ada masalah untuk pendropingan logistik ini dalam hari pencoblosan nanti. Untuk itu, ungkap Tahir, logistik pilkada, seperti surat suara dan lain-lainnya dalam pertengahan bulan ini sudah didroping dari Jakarta langsung ke Alor. Bila logistik telah tiba, langsung didroping ke TPS-TPS.

Pilkada Alor akan berlangsung 30 Oktober 2008 mendatang. Empat calon bupati dan wakil bupati telah ditetapkan KPUD Alor. Empat paket dimaksud yakni pasangan nomor urut 1, Drs. Immanuel E. Blegur-M.Si-Godlief Sirituka,BcKn (IMAGO), paket nomor urut 2 Drs.Amon Djobo-Haji Taufik Nampira,S. P, M. M (AMANAT), nomor urut 3 paket Drs.Abraham Maulaka-John F.Laukuan,BA (AMAL) dan pasangan nomor urut 4 Drs. Simeon Th.Pally-Drs.Yusran Tahir (SIMPATI). Keempat pasangan calon ini akan memulai tahapan kampanye pada tanggal 13-25 Oktober nanti.Tanggal 26-29 Oktober memasuki masa tenang, dan tanggal 30 Oktober nanti hari pencoblosan. (oma)

Paket Calon dalam Pilkada Alor:
1. Drs. Immanuel E Blegur-Godlief Sirituka (Paket Imago)
2. Drs. Amon Djobo-Haji Taufik Nampira (Paket Amanat)
3. Drs. Abraham Maulaka-John F Laukuan (Paket Amal)
4. Drs.Simeon Th Pally-Drs.Yusran Tahir (Paket Simpati)
Agenda:
* Kampanye: 13-25 Oktober 2008
* Masa Tenang: 26-29 Oktober 2008
* Pencoblosan: 30 Oktober 2008

Pos Kupang edisi Senin, 6 Oktober 2008 halaman 8
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes