Di TTS, Tak Satu Pun Calon Independen Lolos

SOE, PK--Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) memutuskan lima paket calon Bupati dan Wakil Bupati TTS yang masuk melalui jalur perseorangan tidak lolos verifikasi. Kelima pasangan itu terpental karena dukungan calon tidak memenuhi syarat kuota lima persen dari jumlah penduduk.

Anggota KPUD TTS, Cosmas D Sanga, S.S, membenarkan tidak lolosnya lima calon perseorangan pada tahap verifikasi data dukungan yang diserahkan pasangan calon kepada KPUD.
Cosmas yang dihubungi via telepon selulernya, Rabu (13/8/2008) malam, mengatakan, keputusan tidak lolosnya semua calon perseorangan setelah KPUD TTS menggelar rapat pleno hasil verifikasi.

Lima pasangan calon independen yang tidak lolos verifikasi adalah Paket Jetcar (JE Tahun- Carolus Nubatonis), Paket Wahyu (WFH Nope-Yohanis Lakapu), Paket Mentari (Marthen
Asbanu-Charles Dae Panie), Paket Cahaya (Charles Bisinlasi-A Selan) dan Paket Alekot (Alexs Yohanis Ninu dan Oktovianus Naitboho).

"Tadi siang, berdasarkan hasil rapat pleno, diputuskan lima paket yang mengajukan paket perseorangan tak lolos verifikasi. Dengan demikian, pilkada tahun ini hanya diikuti calon yang diusung lewat partai politik. Soal berapa paket yang lolos nanti akan dilihat setelah tim memverifikasi seluruh data persyaratan yang dimasukkan calon," kata Cosmas. Dia menambahkan,
sesuai aturan calon perseorangan yang tidak lolos verifikasi
tidak bisa mendaftar sebagai calon bupati dan wakil bupati.

Cosmas menjelaskan, KPUD TTS menggelar pleno setelah mendapatkan data hasil verifikasi dari tingkat PPS dan PPK di seluruh wilayah Kabupaten TTS. Cosmas mendeskripsikan hasil verifikasi menemukan banyakny0a satu warga yang mendukung lebih dari satu calon.

Cosmas mengatakan, KPUD telah bersurat kepada setiap calon yang mendaftarkan diri via jalur independen. Dia mengharapkan semua calon yang tidak lolos verifikasi menerima keputusan KPUD TTS. (aly)

Pos Kupang edisi Sabtu, 16 Agustus 2008, halaman 8
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes