Cabup Sumba Tengah Mulai Kampanye

SUMBA TENGAH, PK -- Pilkada Kabupaten Sumba Tengah memasuki tahapan kampanye, diawali dengan pemaparan visi misi dan program oleh tiga pasang calon bupati dan wakil bupati, Jumat (22/8/2008).

Tiga pasang calon dimaksud adalah Drs. Umbu K Anagoga - Ir. Fredi Samapati (Ana Ati) diusung Partai Golkar dan PPD; pasangan Drs. Umbu Sappi Pateduk - Umbu Dondu (paket Ubud) diusung PKB, PKPI, Partai Demokrat dan PPP dan pasangan Ir. Obed Umbu Madiata - Umbu Dena Bili (paket Umade) diusung PDIP.

Pemaparan visi misi dan program terjadi dalam sidang paripurna DPRD Sumba Tengah, dipimpin Drs. Umbu Remu Samapati (wakil ketua), dihadiri semua anggota Dewan, pejabat pemerintah, diantaranya Plt. Sekda Sumba Tengah, Drs. Chris Umbu, serta Ketua KPUD Sumba Barat, Nehemia Katu bersama anggota lainnya.

Ketiga paket berjanji akan membangun Sumba Tengah jika dipilih rakyat. Paket Ana Ati mengatakan, kalau terpilih dia bertekad mewujudkan masyarakat Sumba Tengah yang maju, demokratis, sejahtera, berbudaya, mandiri, adil dan makmur. Sementara Anagoga dan Samapati akan memprioritaskan penanganan masalah rendahnya SDM di sektor pendidikan, kesehatan dan berusaha meningkatkan pendapatan masyarakat.

"Ini menjadi tantangan yang harus dijawab bila masyarakat mempercayakan kami memimpin Sumba Tengah lima tahun ke depan," kata Anagoga sembari menambahkan, akan membangun mulai dari desa.

Calon bupati dan wakil bupati Drs. Umbu Sappi Pateduk - Umbu Dondu (paket Ubud) juga mengatakan, pembangunan ekonomi rakyat pedesaan menjadi skala prioritas. Selain itu menggalakkan pembangunan di sektor pendidikan dan kesehatan.

"Bila kami dipercayakan memimpin Sumba Tengah, maka yang akan dilaksanakan adalah pembangunan infrastruktur, mengatasi masalah kesehatan dan pendidikan serta peningkatan ekonomi masyarakat pedesaan.

Membangun ekonomi harus sesuai dengan kondisi riil masyarakat Sumba Tengah. Karena itu, bidang pertanian, peternakan, dan perkebunan juga menjadi prioritas," kata Pateduk.

Sedangkan pasangan Ir. Obed Umbu Madiata-Umbu Ndena Bili (paket Umade) mengatakan, langkah utama yang akan dilakukan setelah terpilih adalah membangun infrastruktur. Instrastruktur seperti jalan dan perkantoran di Sumba Tengah masih sangat minim. Dengan dibukanya jalan, maka akses ke desa-desa yang menjadi pusat ekonomi bisa lancar.

Selain itu, dia akan memperhatikan masalah-masalah di sektor pendidikan dan kesehatan demi kesejahteraan rakyat.
Pemaparan visi misi dan program berlangsung selama tiga jam, dimulai pukul 10.00 Wita. Setiap pasangan kandidat diberi waktu 15 menit untuk mempresentasikan visi misi dan program.
Selesai memaparkan visi dan misi, pimpinan sidang mempersilakan ketua-ketua fraksi untuk mengajukan pertanyaan, selanjutnya dijawab oleh masing-masing pasangan calon. (pet)

Pos Kupang edisi Minggu, 24 Agustus 2008 halaman 10
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes