Melalui Online Menuju Dunia

KUPANG, PK---Dengan peluncuran Pos Kupang TV Online, Propinsi NTT memproklamirkan bahwa daerah ini tidak tertinggal seperti yang selama ini dibayangkan. Seperti daerah lain, NTT juga telah sejajar dengan daerah lain dalam hal kemajuan teknologi informasi.

Demikian dikatakan Gubernur NTT, Drs. Frans Lebu Raya, ketika me-launching (meluncurkan) Pos Kupang TV Online di Kantor Redaksi Harian Umum Pos Kupang, Jalan Kenari, Kupang, Kamis (28/8/2008) malam.

Hadir pada acara semalam antara lain Wakil Bupati Kupang, Drs. Ruben Funay, Wakil Ketua DPRD NTT, Markus Hendrik, General Manejer Kantor Daerah Telekomunikasi Kupang, Jeky Ndun, FX Sukoco, General Manejer Hotel Kristal, Kepala Biro Humas Setda NTT/Plt. Kepala Dinas Infokom, Edu Gana juga para staf pemerintah dan BUMN.

Gubernur Lebu Raya dalam sambutannya menyatakan kebanggaannya karena daerah ini tidak tertinggal dalam urusan teknologi informasi. Pos Kupang TV Online, kata Gubernur Lebu Raya, bisa ikut membantu menyebarluaskan berbagai informasi dan potensi yang ada di daerah ini.

Menurut Gubernur Lebu Raya, dengan meluncurkan Pos Kupang TV Online, manejemen Pos Kupang ikut dalam laju perkembangan teknologi. "Enam belas tahun lalu ketika meluncurkan Harian Pos Kupang, Om Damy (Pemimpin Umum Pos Kupang) mungkin tidak membayangkan kalau suatu saat meluncurkan TV Online seperti malam ini. Begitulah kemajuan teknologi. Apa yang canggih sekarang, mungkin dua minggu lagi, satu bulan lagi sudah tidak canggih lagi karena muncul yang lebih canggih lagi. Kita memang mesti terus mengikuti perkembangan teknologi, sehingga tidak tergilas," kata Lebu Raya.

Gubernur juga mengajak Pos Kupang melalui TV Online memperkenalkan NTT ke luar. "NTT ini kaya akan berbagai potensi alam yang menjanjikan. Jangan lagi berpikir NTT selalu miskin, terbelakang dan sebagainya. Mari kita hapuskan stigma NTT miskin. Hapus stigma NTT miskin bukan berarti saya menyembunyikan kondisi NTT. Tapi, bagaimana masyarakat NTT mau maju kalau selalu dicap miskin? Masyarakat tidak akan berpikir maju dan cuma bisa pasrah karena menganggap miskin sebagai takdir," kata gubernur.

Pemerintah NTT, kata Gubernur Lebu Raya, memberikan suport kepada Pos Kupang yang selalu tampil sebagai pionir. Gubernur juga mengharapkan media lain bisa mengikuti jejak Pos Kupang menyebarluaskan informasi secara cepat, tepat dan akurat. Gubernur mengaku setiap pagi rasanya ada yang kurang kalau belum membaca Pos Kupang.

Sesuaikan Diri
Sementara Pemimpin Umum Harian Pos Kupang, Damyan Godho, mengatakan, Pos Kupang harus terus melakukan penyesuaian diri dari waktu-waktu sesuai dengan perkembangan. Hal ini dilakukan agar media cetak menjadi tidak tertinggal, bahkan gulung tikar dengan perkembangan teknologi komunikasi saat ini yang semakin canggih.
Menurut Damyan, peluncuran TV Online adalah tanda bahwa Pos Kupang mesti menyesuaikan diri dan mengikuti laju perkembangan teknologi informasi.

"Saat ini kita menyaksikan orang tidak peduli dia bos, tukang ojek, tukang batu, sudah menggunakan perangkat canggih seperti handphone dengan fitur-fitur yang lengkap dan kompetitif. Ini semua tantangan bagi media cetak," katanya.

Pos Kupang, kata Damyan, telah memulai era multimedia sejak tahun 1996 ketika meluncurkan website Pos Kupang dan tahun 2000 dengan percetakan jarak jauh di Ende, Maumere dan Ruteng tahun 2007.

Saat ini, katanya, pelanggan Telkomsel di NTT mencapai 800 ribuan pelanggan. "Ini merupakan salah satu kemajuan yang positif. Namun bagi media cetak adalah tantangan. Karena itu pilihan membuat Pos Kupang TV Online dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi yang ada sangat bagus. Teknologi ini cukup berkembang, tetapi Pos Kupang menyadari belum seberapa, tetapi ini merupakan pasar bagi kami untuk senantiasa menangkap peluang untuk membuat yang terbaik bagi masyarakat dengan melayani pennyebarluasan informasi yang lengkap," katanya. (nia/alf)

Pos Kupang edisi Jumat 29 Agustus 2008 halaman 1
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes