UMADE: Membangun Dengan Hati

WAIBAKUL, PK -- Pasangan Ir. Obed Umbu Madiata-Umbu Ndena Bili,SM.Th (Umade), calon Bupati dan Wakil Bupati Sumba Tengah (Sumteng) periode 2008-2013, yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), memahami betapa pentingnya pengembangan potensi dan sumber daya lokal sebagai kekuatan utama dalam menggerakkan pembangunan daerah pemekaran itu lima tahun ke depan.

Masyarakat dengan berbagai potensi dan sumber daya yang dimiliki, diharapkan menjadi motor penggerak utama pertumbuhan ekonomi daerah (engine of economic growth) menuju terwujudnya "Sumba Tengah yang Maju dan Mandiri Berbasis Sumber Daya Lokal".

Dengan pola pembangunan daerah yang menempatkan potensi dan sumber daya lokal sebagai kekuatan utama pembangunan, paket ini akan menciptakan struktur perekonomian daerah yang kokoh, dalam arti memiliki basis yang kuat sehingga tahan terhadap berbagai gejolak atau guncangan yang terjadi, baik yang berasal dari dalam (internal) maupun dari luar (eksternal).

Dengan pola pembangunan seperti itu, diharapkan akan tercipta suatu struktur perekonomian daerah yang kokoh menuju terwujudnya pertumbuhan ekonomi daerah yang pesat dan berkelanjutan (rapid and sustained economic growth) yang merupakan hal yang sangat penting bagi suatu daerah.

Paket ini menyadari ada sejumlah masalah dan tantangan yang dihadapi Kabupaten Sumba Tengah dan perlu mendapatkan perhatian serius lima tahun ke depan, yaitu kemiskinan dan pengangguran, terbatasnya infrastruktur sosial dan ekonomi perdesaan dan rendahnya kapasitas kelembagaan pemerintahan daerah.

Sejalan dengan permasalahan yang dihadapi, paket Umade ingin membangun "Sumba Tengah Yang Maju dan Mandiri Berbasis Sumber Daya Lokal". Maju dalam arti kehidupan ekonomi, sosial dan budaya. Dalam jangka waktu lima tahun ke depan diharapkan masyarakat Sumba Tengah dengan menggunakan potensi dan sumber daya lokal yang dimiliki mampu memenuhi berbagai kebutuhan hidup yang paling dasar (life-sustaining basic human needs) yang mencakup kebutuhan sandang, pangan, perumahan, pendidikan dan kesehatan.

Pemenuhan kebutuhan akan pangan, sandang, perumahan, pendidikan dan kesehatan perlu diupayakan karena merupakan persoalan sangat serius yang dihadapi oleh bagian terbesar masyarakat Sumba Tengah.

Mandiri diartikan bahwa masyarakat Sumba Tengah telah mampu menentukan sendiri berbagai program dan kebijakan pembangunan daerah yang perlu dan harus dilakukan untuk memperbaiki kondisi sosial ekonomi masyarakat Sumba Tengah, tanpa harus banyak bergantung pada pihak lain.
Berbasis sumber daya lokal dimaksudkan Umade, pembangunan yang dilakukan di Kabupaten Sumba Tengah haruslah menempatkan sekaligus menjadikan potensi dan sumber daya yang dimiliki masyarakat setempat sebagai kekuatan penggerak utama pertumbuhan ekonomi daerah (engine of economic growth) secara keseluruhan.


Paket Umade bertekad mewujudkan kehidupan masyarakat Sumba Tengah yang lebih maju, dimana berbagai kebutuhan hidup yang paling dasar (life-sustaining basic human needs) seperti sandang, pangan, perumahan, pendidikan dan kesehatan telah terpenuhi dengan baik.

Mewujudkan kehidupan masyarakat Sumba Tengah yang lebih mandiri, dimana masyarakat telah mampu menentukan sendiri berbagai program dan kebijakan pembangunan daerah yang perlu dan harus dilakukan untuk memperbaiki kondisi sosial ekonomi masyarakat Sumba Tengah, tanpa harus banyak bergantung pada pihak lain.(gem/pet)

Pos Kupang Senin 25 Agustus 2008 halaman 7
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes