Umade Kembangkan Ekonomi Keluarga

WAIBAKUL, PK -- Calon bupati dan wakil bupati Sumba Tengah yang diusung PDIP, Ir. Obed Umbu Madiata - Umbu Ndena Bili (Paket Umade) memprioritaskan pengembangan ekonomi keluarga jika dipercayakan rakyat untuk memimpin Sumba Tengah selama 2008 - 2013.

Obed Madiata dan Ndena Bili mengatakan hal ini ketika berkampanye di Kampung Pahomba, Desa Praikaroku Jangga, Kecamatan Umbu Ratu Nggay, Selasa (27/8/2008).

Di hadapan ribuan pendukung dan simpatisan paket Umade, Obed Madiata mengatakan, Sumba Tengah adalah daerah otonom baru memerlukan figur pemimpin yang paham benar kondisi hidup rakyatnya. Saat ini rakyat sangat membutuhkan perbaikan di bidang ekonomi.

"Bila dipercayakan rakyat, maka paket Umade memprioritaskan pelaksanaan program-program mendesak di antaranya pengembangan ekonomi rumah tangga. Peningkatan ekonomi rumah tangga menjadi fokus perhatian dan merupakan bagian dari strategi membangun ekonomi daerah. Pengembangan ekonomi dengan memanfaatkan sumber daya alam yang dimiliki, seperti pasir besi di pantai utara Mamboro dan emas di Umbu Ratu Nggay. Juga pengembangan lahan tidur," kata Obed Madiata.

Selain sektor ekonomi, paket Umade juga memberi parhatian pembangunan di bidang pendidikan, kesehatan dan infrastruktur serta bidang lainnya. Di bidang kesehatan, misalnya, paket Umade berencana membangun puskesmas di seluruh desa karena selama ini rakyat desa belum mendapat pelayanan kesehatan secara maksimal.

Obed Madiata mengatakan, dia bersama Umbu Ndea Bili memutuskan maju dalam Pilkada karena merasa terpanggil untuk membangun Sumba Tengah. Pasangan Umade adalah duet kepemimpinan penuh kesederhanaan, kebapaan dan ulet bekerja demi membangun rakyat SumbaTengah.

"Kami berdua hadir untuk melihat dan mendengar langsung keluh-kesah bapak ibu sekalian. Kedatangan kami untuk menyapa. Kami tidak muluk-muluk membuat program kerja. Kami buat sesuai kebutuhan rakyat dan daerah ini," kata Obed Madiata.

Obed Madiata mengungkapkan, setelah berkeliling Sumba Tengah mulai dari Katikutana, Mambiori hingga Kecamatan Umbu Ratu Nggay, terangkum sejumlah persoalan pokok masyarakat dan daerah di bidang ekonomi, pendidikan dan kesehatan. Masalah dimaksud harus dituntaskan bila keduanya memenangkan Pilkada Sumba Tengah.

"Masalah-masalah pokok ini selama ini kurang mendapat sentuhan perbaikan. Karena itu, mari menangkan paket Umade pada tanggal 8 September nanti," ujar Obed Madiata disambut tepuk tangan pendukung dan simpatisan.

Calon wakil bupati Umbu Ndena Bili mengatakan, dirinya dan Obed adalah pasangan representatif rakyat Sumba Tengah. "Saya berasal dari wilayah Mamboro, dan Pak Obed dari Anakalang dan Umbu Ratu Nggay. Karena representatif, maka mari menangkan paket Umade dengan mencoblos nomor 3," kata Ndena Bili. (pet/cha)

Pos Kupang 28 Agustus 2008 halaman 8
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes