Pilkada Belu, Patriot Dukung Dua Paket

ATAMBUA, PK -- Partai Patriot Pancasila Kabupaten Belu memberikan dukungan kepada dua pasang calon Bupati dan Wakil Bupati Belu. Partai Patriot Pancasila pimpinan Nathan Daria Mau mendukung Drs. Joachim Lopez-Ludovikus Taolin, BA (Paket Jalin), sementara versi Vincente de Jesus mendukung dr. Mikael Suri-Paulus Seran Bouk, S.H (Paket Mipa).

KPUD Belu belum bisa memastikan pengurus dan dukungan ke paket mana yang sah, karena masih harus melakukan verifikasi ke pengurus pusat Partai Patriot Pancasila dan ke Departemen Hukum dan HAM.

Demikian Ketua KPUD Belu, A Martin Bara Lay, S.H, saat menggelar jumpa pers di Sekretariat KPUD Belu, Jumat (22/8/2008). Hadir mendampingi Martin, anggota KPUD lainnya yaitu Drs. Paulus Klau, Ahmad Setyawan, Gabriel Oes Bele, S.SoS, Sisilia Priscates, S.Sos, dan Sekretaris KPU Belu, Bere Paskalis.

Martin menjelaskan, terkait dengan pelaksanaan Pilkada Belu Oktober 2008 mendatang, KPUD sudah melewati beberapa tahap. Tahap yang baru saja dilakukan adalah menerima pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati baik dari partai politik pendukung maupun dari calon perseorangan pada tanggal 19 Agustus 2008 pukul 24.00 Wita.

Paket yang mendaftar sebanyak lima paket, yakni drg. Gregorius Mau Bili Fernandez, DDPH-Drs. Berchmans Mau Bria, M.Sc (Paket Gemar), paket Drs. Joachim Lopez-Ludovikus Taolin, BA (Paket Jalin), Drs. Petrus Bria Seran, MM-Dr. Damianus Talok (Paket Brita), Drs. JT Ose Luan-drg. Falentinus Pareira (Paket Sera) dan dr. Mikael Suri-Paulus Seran Bouk, S.H (Paket Mipa).

Tahapan berikutnya, kata Martin, KPU akan melakukan verifikasi terhadap administrasi balon yang sudah dimasukkan tersebut. Dari paket yang ada ini, jelasnya, ada dua paket, yakni Jalin dan Mipa, yang mendapat dukungan dari Partai Patriot Pancasila terutama dari dua pengurus berbeda. Terhadap hal ini, KPU akan melakukan verifikasi lebih lanjut dengan berkoordinasi dengan DPP partai bersangkutan untuk mendapatkan kejelasan mengenai keabsahan dukungannya.

"Memang dari lima paket yang ada, Partai Patriot Pancasila mendukung dua paket yakni, paket Jalin didukung pengurus pimpinan Nathan Daria Mau, dan paket Mipa didukung oleh pengurus pimpinan Vincente de Jesus. Kedua pengurus ini tentu mengklaim sebagai yang sah. Untuk mendapatkan kejelasan mengenai hal ini kami dari KPU tentu akan melakukan konfirmasi ke DPP partai bersangkutan dan bila perlu kami ke Departemen Hukum dan HAM termasuk KPU pusat. Jadi, mengenai dualisme dukungan ini masih kita verifikasi lebih lanjut lagi," jelas Martin.

Tentang jadwal verifikasi administrasi para balon, Martin mengatakan, sesuai dengan Surat Keputusan KPU nomor :01/KPU/2008 jadwal seharusnya dari tanggal 21-26 Agustus 2008. Namun, verifikasi calon legislatif-pun pada waktu yang sama sehingga SK yang mengatur point ini akan direvisi kembali guna menambah hari verifikasi.


Untuk paket Jalin didukung koalisi partai politik yakni, PIB, PDK, Demokrat, Partai Patriot Pancasila, PKPB. Sementara paket Mipa didukung partai non seat sebanyak 9 partai, yakni PNI Marhaenisme, PBSD, PBB, PPP, PNBK, Partai Patriot Pancasila, Partai Nahdathul Ummah Indonesia dan Partai Sosial Indonesia. (yon)

Pos Kupang edisi Sabtu 23 Agustus 2008 halaman 7
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes