Paket Sera Mendaftar di KPU Belu

ATAMBUA, PK---"Paket Sera (Drs. JT Ose Luan-drg. Falentinus Pareira) merupakan figur pemimpin yang merakyat. Ini bukan omong kosong tapi nyata di lapangan bahwa Paket Sera dekat dengan rakyat dan mau mendengar jeritan hati nurani rakyat. Belu butuh pemimpin seperti ini untuk lima tahun ke depan. Rakyat di belakangmu."

Kesaksian ini disampaikan Loro Fehalaran, Yadokus Manek da Costa, ketika didaulat berorasi atas nama rakyat Belu pada acara pendeklarasian Paket Sera sebelum mendaftar di KPUD Belu di Atambua, Selasa (19/8/2008).

Pendaftaran Paket Sera di KPUD Belu, kemarin, diwarnai aksi long march ribuan pendukung yang mengelu-elukan paket perseorangan ini sepanjang perjalanan. Massa yang long march kebanyakan datang dari desa-desa serta massa parpol pendukung, yaitu Partai Pelopor dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Disaksikan Pos Kupang, long march Paket Sera bersama ribuan pendukungnya bergerak dari Kelurahan Fatubenao, sekitar pukul 12.30 wita. Mengenakan pakaian adat Belu diapiti puluhan tokoh adat dan massa pendukung, Paket Sera terus melambai-lambaikan tangan kepada warga dan simpatisan yang berdiri di kiri kanan jalan. Sambil membawa spanduk sepanjang 50 meter dan mengusung baliho bergambar Paket Sera, massa terus meneriakkan yel-yel Hidup Sera. Massa yang dikawal aparat Satlantas Belu terus bergerak ke tengah kota kemudian masuk ke Pasar Baru Atambua.

Massa yang berada di Pasar Baru dengan spontan ikut bergabung bersama rombongan Paket Sera untuk mengatar paket ini ke KPU Belu. Paket Sera bersama massa pendukung kemudian berkumpul di perempatan Jalan El Tari atau sekitar 1,5 kilometer ke KPU Belu untuk menggelar deklarasi. Di tengah terik panas matahari tanpa ada naungan apapun Paket Sera bersama massa pendukung terus meneriakan yel-yel dukungan terhadap Paket Sera.

Loro Fehalaran, Yadokus Manek da Costa, sebagai wakil dari pendukung perseorangan ketika didaulat berbicara mengatakan, "Selama ini kami rakyat kecil hanya sering dengar pejabat berbicara. Kali ini kami rakyat Belu merindukan pemimpin yang mau mendengar suara hati nurani rakyat. Seluruh rakyat Belu merindukan kehadiran figur pemimpin seperti Sera. Jadi kami tokoh adat, Jadokus Manek da Costa, Yosep Mali Meak, Yohanes Bere Loy, Emanuel Un Bria, Hila Fahik, Yohanes Seran, Carlus Naibuti, dan lain-lain mewakili seluruh rakyat Belu mendeklarasikan Paket Sera untuk maju dalam Pilkada Belu 2008. Paket Sera lahir dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Hidup Sera, rakyat Belu ada di belakangmu."

Bersama Rakyat
Calon Bupati Belu, Drs. JT Ose Luan, mengatakan, bagi Paket Sera, maju dalam hajatan pilkada merupakan anugerah Tuhan. "Dengan segala keterbatasan yang ada pada Paket Sera, masyarakat mungkin heran dan tidak percaya bahwa Paket Sera akhirnya bisa juga maju dalam kompetisi pilkada Belu 2009-2014," ujar Ose Luan.


Sejak awal, kaanya, hampir semua masyarakat di pelosok bertanya-tanya tentang kepastian Paket Sera maju dalam Pilkada Belu. "Tapi hari ini, Selasa (19/8/2008) pukul 13.30 wita, Drs. JT Ose Luan dan drg. Falentinus Pareira atau Paket Sera resmi dideklarasikan oleh seluruh masyarakat Belu bersama Partai Pelopor dan PKB untuk maju dalam arena pilkada. Modal Paket Sera hanya satu, yaitu kebersamaan dengan rakyat kecil untuk mencoba berkompetisi dalam arena pilkada Belu. Kami mengimbau kepada semua lapisan masyarakat di seluruh Belu bersatu padu untuk menjadi gelombang kekuatan yang besar untuk mendukung Paket Sera lima tahun ke depan. Dengan motto, "Hadiak Rai Belu Hodi Neon No Laran," mari kita bergandengan tangan untuk bekerja dengan hati yang ikhlas, berkompetisi secara sehat dengan semangat persaudaraan dan sportivitas dalam arena pilkada Belu," ujar Ose Luan.

Tujuh Program Kerja
Ketua DPC Partai Pelopor Belu, Viktoria Moruk, menyatakan dukungannya kepada Paket Sera karena beberapa alasan. Pertama, Ose Luan dan Falens Parera adalah anak-anak Belu yan lahir di Belu, dibesarkan di Belu, bekerja di Belu dan seterusnya akan tinggal di Belu. Sudah tujuh Bupati Belu terdahulu semuanya dipimpin orang Belu yang tinggal di luar Belu.

"Kali ini kami masyarakat Belu percayakan kepada figur yang bekerja dan akan tinggal sampai mati di Rai Belu. Apalagi Sera menurut penilaian Partai Pelopor dan rakyat Belu memiliki kecakapan, kemampuan dan kerendahan hati dalam memimpin bidang tugasnya masing-masing selama puluhan tahun di Rai Belu," ujarnya.

Kedua, Paket Sera memiliki tujuh program kerja yang konkrit dengan tiga sasaran prioritas dan satu agenda khusus, yakni pemekaran Kabupaten Malaka. Ketiga sasaran prioritas itu, yakni peningkatan daya beli masyarakat, air bersih dan listrik pedesaan serta peningkatan mutu guru dan siswa serta pelayanan kesehatan dasar dan rumah sakit.

Seusai deklarasi, Paket Sera bersama massa pendukung terus berjalan kaki ke KPU Belu untuk mendaftarkan diri. Paket Sera diterima Ketua KPU Belu, A Martin Bara Lay, S.H bersama empat anggota KPU dan para staf. Sebelum berkas diteliti staf KPU, Ketua KPU Belu, Martin Bara Lay menyampaikan bahwa pilkada saat ini merupakan pesta rakyat. Untuk pertama kali rakyat Belu memiliki kesempatan memilih pemimpinnya secara langsung. Untuk itu, katanya, Paket Sera bersama massa pendukung diminta untuk ikut mendukung pesta demokrasi ini agar berjalan aman dan lancar. (yon)

Pos Kupang edisi Rabu, 20 Agustus 2008 halaman 1
Reaksi:

1 komentar:

Kupang mengatakan...

Dear Sir;

The chiefs of Belu,which are mentioned here:are they also rajas?
Thank you.

Hormat saya:
DP Tick gRMK/Pusaka
pusaka.tick@tiscali.nl
http://kerajaan-indonesia.blogspot.com
www.royaltimor.com

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes