Blegur - Sirituka Utamakan Sapta Layan

KALABAHI, PK -- Koalisi Damai (gabungan Partai Golkar, PDIP, Partai Patriot Pancasila dan Partai Merdeka) mendeklarasikan Drs. Imanuel Blegur, M.Si dan Godlief Sirituka, Bc.Kn (Paket Imago) sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Alor periode 2008-2013. Deklarasi dilaksanakan di Gelanggang Olahraga Batunirwala- Kalabahi, Senin (4/8/2008). Acara berlangsung meriah disemarakan Ajeng Mamamia dan Mama Cindy.

Pendeklarasian ditandai dengan pembacaan naskah deklarasi oleh Ketua DPD II Partai Golkar Alor yang juga menjabat Ketua Pemenangan Paket Imago, Drs. John Th. Blegur, dilanjutkan pemukulan tambur oleh Ketua DPC PDIP Alor, James Takalapeta.
Tokoh agama dan tokoh masyarakat diantaranya Drs. JK Imang, GI Duka, Paulus Pulek, Azer Laoepada hadir dalam acara itu. Pendukung dan simpatisan Paket Imago berjubel di lapangan bola kaki tersebut. Pada Sabtu (2/8/2008), Paket Imago yang diusung Golkar (9 kursi), PDIP (4 kursi) dan Partai Patriot Pancasila dan Partai Merdeka, masing-masing 1 kursi, telah mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Alor.

Imanuel Blegur yang naik kepanggung bersama Godlief Sirituka, didaulat untuk menyampaikan gambaran visi dan misi, mengatakan, Paket Imago cinta Damai sehingga membentuk Koalisi Damai. "Untuk itu pilih Imago, karena Imago punya tekad menjadikan Alor sebagai daerah yang cinta damai," katanya ketika mengawali pidatonya.

Blegur menjelaskan filosofis nama Imago. Imago, katanya, akronim dari nama Imanuel dan Godlief. Sebelum jatuh pada pilihan Imago, dia mencari-cari nama dan menemukan, diantaranya Gurka (Blegur-Sirituka), Mali (Imanuel-Godlief), dan Belief (Blegur-Godilief). "Dalam bahasa latin, Imago berarti hadir atau pemunculan lewat karya nyata. Untuk itu, Paket Imago akan wujudkan karya nyata di daerah ini. Imago juga berarti rumah. Sehingga akan menjadikan Alor sebagai rumah semua orang, rumah bagi wisatawan, dan rumah bagi semua masyarakat. Karena Alor merupakan rumah bagi kita semua," katanya.

Blegur mengatakan, jika terpilih akan mengutamakan tujuh program utama atau dikenal dengan Sapta Layan. Dengan Sapta Layan, Paket Imago ingin mewujudkan pelayanan kepada masyarakat Alor.

Program utama dimaksud; Pertama, pembangunan infrastruktur. Fokusnya pada dua hal yaitu membangun fasilitas pusat-pusat kebutuhan masyarakat, baik itu listrik maupun air bersih. Dan, di sektor transportasi, dengan maksud menghubungkan daerah-daerah pusat produksi masyarakat.

Kedua, pembangunan di bidang pendidikan. Pendidikan butuh perhatian besar. Imago bertekad ingin bangun pendidikan yang baik dan murah bagi masyarakat. Imago juga ingin menjadikan kelulusan siswa di Alor tidak lagi menjadi nomor belakang.
Ketiga, pembangunan di bidang kesehatan. Blegur menjelaskan, kesehatan merupakan masalah utama di daerah ini. Di sejumlah wilayah ditemukan masyarakat menderita, di mana akses masyarakat untuk ke sarana kesehatan jauh akibat tidak adanya jalan. Oleh karena itu, Imago bertekad untuk membangun fasilitas yang memadai didaerah yang sulit. Imago juga akan memberikan bonus kepada medis yang bertugas didaerah yang sulit.

Keempat, pemberdayaan masyarakat. Menurut Blegur, Alor memiliki berbagai potensi yang sebenarnya bisa untuk meningkatkan kehidupan masyarakat. Tapi kenyataan yang terjadi komoditi masyarakat seperti kemiri, vanili dan jambu mente jatuh harga. Berhubungan dengan ini, Imago telah bangun jaringan dengan manajemen pabrik kemiri di Baucau, Timor Leste, karena pabrik di Baucau membeli kemiri Alor lewat Surabaya sehingga menggunakan harga Surabaya. Untuk itu, nantinya jaringan yang dibangun akan dibuka hubungan dagang dengan Timor Leste agar langsung membeli kemiri dari Alor sehingga harganya baik.

Kelima, pembangunan Pariwisata. Untuk pariwisata Alor punya potensi besar, baik itu wisata budaya, alam dan bahari. Untuk wisata bahari karang Alor sangat unik dan spesifik. Imago akan menjadikan Alor sebagai daerah wisata dunia.

Keenam, masalah keamanan. Untuk masalah ini, Alor harus dikembalikan kemurnian ke-Alorannya yang hampir punah ini. Dulu orang Alor dikenal sebagai orang yang taat, jujur dan bersahabat, ini harus dikembalikan, kita kembalikan rumah Alor yang utuh sehingga tidak ada lagi perkelahian antar kampung.

Setelah menyampaikan visi-misi, Blegus - Sirituka nyanyi bersama menghibur pendukung dan simpatisannya. Adapun judul lagu yang dinyanyikan adalah Masih Adakah Cinta ciptaan Pance Pondang. Selesai menyanyi, giliran Ajeng Mamaia menghibur hadirin. Pada setiap kesempatan bernyanyi, Ajeng yang membuka kampanye dengan membawakan lagu Makhluk Terseksi, selalu mengingatkan warga Alor yang hadir agar memastikan pilihan pada Paket Imago. (oma)

Pos Kupang edisi 5 Agustus 2008, halaman 1
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes