Pemilu Legislatif Bernilai Strategis

JAKARTA, PK -- Pengamat politik, Dr. Daniel Dhakidae mengatakan, Pemilu Legislatif yang diselenggarakan pada 9 April 2009 mempunyai nilai strategis bagi bangsa Indonesia. Dalam paparannya pada acara Kompas Political Gathering di Bentara Budaya, Rabu (27/8/2008), Daniel beranggapan hasil Pemilu legislatif sangat menentukan Pemilu Presiden 2009.

Dari sisi tahapan demokrasi, Daniel menjelaskan, Pemilu 2009 akan sangat menentukan, apakah bangsa Indonesia mampu mengkonsolidasikan demokrasi dan kemudian maju selangkah menuju negara dengan demokrasi yang matang mature democrasies (NMD)atau tetap bertahan sebagai negara yang sedang menuju demokrasi (democrating states (NSMD).

Jack Snyder dalam buku from voting to violence: Democratiom and Nationalist Conflict (200) kata Daniel, menyebutkan, dalam sebuah negara dengan demokrasi matang, kebijakan pemerintah, disusun oleh para pejabat yang dipilih melalui pemilihan umum yang luber dan jurdil serta berkala. Tindakan para pejabat dibatasi dengan berbagai ketentuan konstitusional dan kewajiban terhadap masyarakat sipil.

"Dalam sebuah pemilihan umum, calon incumbent bisa saja kalah dan karena itu harus menjelaskan jabatan mereka. Kebebasan berbicara, kebebasan berorganisasi untuk bersaing dalam pemilihan umum," papar Daniel.

Sedang NSMD dalam perspektif Jack Snyder, didefiniskan sebagai negara yang baru saja memenuhi satu atau lebih prasyarat demokrasi di atas, sekalipun negara itu, masih mempertahankan ciri-ciri penting yang tidak demokratis.

Dalam paparannya juga dijelaskan teoritisi politik yang mengatakan demokrasi sudah terkonsloidadi apabila dia merupakan "permainan satu-satunya (the ony game in town). Itu berarti tidak ada lagi jalan bagi partai politik, kelompok oposisi yang ingin berkuasa selain dengan cara memenangkan Pemilu yang luber-jurdil.
"Masih adanya berbagai kelompok masyarakat yang ingin berkuasa tanpa melalui Pemilu menunjukan kondisi sebuah negara yang belum matang demokrasinya, " kata Daniel. (Persda Network/yat)

Pos Kupang 28 Agustus 2008 halaman 8
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes