Kejari Maumere 'Lirik' Empat Proyek

MAUMERE, PK--Saat ini Kejaksaan Negeri (Kejari) Maumere tengah 'melirik' dengan melakukan pengumpulan bahan keterangan (Pulbaket) empat proyek pembangunan fisik tahun anggaran 2006 dan 2007 di Kabupaten Sikka. Pelaksanaan empat proyek ini diduga terjadi penyimpangan, baik penyimpangan dana maupun kualitas hasil proyek.

Empat proyek itu adalah Proyek Pembangunan Puskesmas Boganatar TA 2007 yang terdiri dari empat kegiatan. Pertama, pembangunan ruang rawat jalan senilai Rp 202.464.000,00 oleh CV Sehat Perkasa; kedua, pembangunan rumah paramedis I senilai Rp 110.593.000,00 oleh CV Putra Karya; ketiga, pembangunan rumah paramedis II senilai Rp 101.830.000,00; pembangunan rumah dokter puskesmas senilai Rp 127.165.000,00 oleh Pelita Kasih; serta proyek peningkatan ruas jalan sepanjang 2,6 km dari Tanangalu hingga Woloara, Kecamatan Paga senilai Rp 2,5 M oleh CV Dirgahayu.

Kajari Maumere, Acep Sudarman, SH, dikonfimasi wartawan di ruang kerjanya, Kamis (28/8/2008), membenarkan proses pulbaket yang tengah dilakukan penyidik jaksa terhadap empat kegiatan proyek itu. Menurut Sudarman, upaya pulbaket itu dilakukan berdasarkan pengaduan atau informasi dari anggota masyarakat yang peduli terhadap kualitas proyek dimaksud.

"Saya mendapat informasi, pengaduan dari salah seorang masyarakat. Sekarang saya sudah membentuk tim untuk mulai mengumpulkan bahan keterangan di lapangan," kata Sudarman.

Tim penyelidik proyek itu diketuai oleh Kepala Seksi (Kasi) Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Maumere, Kharisma Hadiani, SH. Menurut Sudarman, jika dalam pulbaket itu ditemukan ada indikasi terjadi penyimpngan, maka akan mulai dilakukan penyelidikan resmi dengan memanggil sejumlah pihak terkait.
Empat kegiatan di Puskesmas Boganatar itu terindikasi terjadi penyimpangan, lantaran hingga saat ini fisik proyek belum selesai 100 persen. Padahal jangka waktu pelaksanaan proyek seharusnya pada bulan Januari 2008 lalu.

Sementara proyek peningkatan ruas jalan di Tanangalu hingga Woloara, Kecamatah Paga, sepanjang 2,6 km diduga kualitasnya buruk, pembangunan proyek itu sudah selesai dikerjakan namun kualitasnya diragukan. Pembuatan semenisasi pada ruas jalan itu juga sudah banyak yang terangkat. "Ditemukan di lapangan, proyek jalan itu kualitasnya diragukan. Banyak titik jalan yang semennya sudah terangkat," kata Sudarman.

Diberitakan sebelumnya, Direktur CV Sehat Perkasa selaku kontraktor pelaksana proyek pembangunan Puskemas Rawat Jalan Boganatar di Desa Kringa, Kecamatan Talibura, Kabupaten Sikka diminta segera menyelesaikan pembangunan puskemas, rumah dokter dan rumah paramedis. Pasalnya, jangka waktu pelaksanaan proyek itu sudah selesai sejak akhir Januari 2008 lalu, namun hingga Februari ini fisik bangunan baru selesai sekitar 70 persen.

Permintaan itu disampaikan oleh sejumlah masyarakat di wilayah itu. Direktur CV Sehat Perkasa, John Gobang, dikonfirmasi bulan Februari lalu mengatakan, hambatan pelaksanaan pembangunan proyek tersebut dikarenakan terhambatnya mobilisasi bahan bangunan ke lokasi itu karena buruknya cuaca.

Gobang mengatakan, proyek milik Dinas Kesehatan Sikka TA 2007/2008 itu baru mulai dikerjakan bulan Oktober 2007 hingga batas akhir tanggal 31 Januari 2008. Namun hingga Februari 2008 belum selesai dikerjakan karena ada sejumlah hambatan di lapangan. "Kami kesulitan dalam mendroping bahan bangunan. Kadang kami drop dari Maumere ke Kringa yang memakan jarak tempuh sekitar 60-an kilometer. Ditambah cuaca hujan yang turun tiada henti, sehingga menghambat pekerjaan di lapangan," kata John.

Meski demikian John menjamin, proyek itu akan selesai dikerjakan pertengahan Februari 2008. Untuk itu pihaknya akan berupaya mendroping bahan-bahan bangunan tidak saja dari Kota Maumere ke Desa Kringa tapi juga dari Larantuka ke Desa Kringa karena jarak tempuh Larantuka ke Kringa lebih dekat.
"Fisik proyek sudah selesai dikerjakan hampir 80 persen. Sisanya akan dikerjakan dalam beberapa waktu ini. Pertengahan Februari proyek ini sudah bisa selesai dikerjakan," janji Jhon. (vel)

Pos Kupang 29 Agustus 2008 halaman 1
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes