Motivasi JK

DATANG mengunjungi korban bencana, memberikan bantuan, semangat dan tawaran solusi. Itulah yang dilakukan Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI), Mohammad Jusuf Kalla, saat mengunjungi korban bencana banjir di Manado, Senin (20/1), hingga Selasa (21/1).

Tak banyak bicara. Begitu datang langsung mengunjungi lokasi-lokasi bencana menggelar rapat dengan DPD PMI Sulut dan memutuskan langkah-langkah yang harus dilakukan. Cara kerja ini memang sudah merupakan style JK sapaan akrab Jusuf Kalla.

Ketua DPD PMI Sulut, James Karinda SH MH mengatakan, begitu mendapat informasi bahwa Manado dan sekitarnya terkena bencana mantan Wakil Presiden Republik Indonesia ini langsung memerintahkan personel PMI Sulut untuk bergerak.

Karena itu, saat bencana melanda Manado 15 Januari 2014 lalu, pihaknya langsung membagikan 1.000 makanan siap saji kepada korban bencana. Hal ini dilakukan hingga Senin (20/1). Selanjutnya begitu melihat kondisi terkini korban bencana banjir Kalla, memutuskan untuk membersihkan sampah di lokasi-lokasi yang terkena bencana.

PMI pun bergerak dengan menurunkan empat handtacktor, 20 dump truck, 60 tangki air, 600 sekop, 500 galon, 20 gerobak sampah, 50 alkon dan fasilitas lainnya.Targetnya membersihkan sampah dan lumpur di kawasan Tikala, Komo Luar, Ternate Baru dan lokasi bencana lainnya.
Hasilnya memang belum berhasil membersihkan seluruh lokasi bencana. Namun, gerakan bersih- bersih ala  PMI menginspirasi kita bahwa membersihkan sampah imbas bencana merupakan satu di antara solusi yang harus dilakukan. Sebab sampah di pinggiran jalan dan lokasi strategis di pusat kota lainnya telah menghalangi transportasi di dalam kota.

Intinya untuk memulihkan Kota Manado seperti sedia kalah. Hal utama yang harus dilakukan yaitu, membersihkan jalan raya di lokasi banjir yang penuh dengan lumpur. Kendalanya hingga saat ini air bersih belum mengalir. Ini karena sebagian besar pipa PT Air Manado butuh perbaikan pascabanjir bandang yang ikut menerjang Kantor PT Air Manado dan fasilitas distribusi air bersih lainnya.

Hal ini juga yang menginspirasi Tribun Manado mengajak berbagai elemen untuk melakukan bersih-bersih massal, Rabu (22/1). Media yang bernaung dibawa group Kompas Gramedia ini mensponsori ''Gerakan Manado Bangkit''.

Caranya! Siapapun siapapun kita, apapun kita ''mari jo bangkit'' pulihkan Manado seperti sebelumnya. Kebangkitan Manado hanya bisa dicapai dengan solidaritas, semangat, kebersamaan dan kepedulian membangun kota kawanua tercinta ini.

Kita harus sadar bahwa saat ini bukan waktunya untuk saling menyalahkan. Melainkan saatnya bergerak, berpikir cepat langsung bertindak demi pulihnya kondisi Kota Manado tercinta.(*)

Sumber Tribun Manado: 22 Januari 2014
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes